Masyarakat Argo Mulyo Antusias Ikuti Giat Non Fisik TMMD ke 104


Warga Dihimbau Membiasakan Hidup Sehat

PENAJAM (NK) – Masyarakat desa Argo Mulyo Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), antusias mengikuti kegiatan non fisik Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019  Kodim 0913/PPU, Selasa (05/03/2019) berupa sosialisasi HIV/AIDS  dengan narasumber Pengelola Program Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU, Harjanto Ponco Waluyo.

Kegiatan yang digelar  di balai desa Argo Mulyo tersebut hadiri puluhan masyarakat desa serta Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) TMMD ke 104 tahun 2019, Kapten Inf Priyanto.

Pada kesempatan itu, Ponco menjelaskan, penyakit yang disebabkan oleh virus  HIV/AIDS merupakan penyakit yang berbahaya, sudah ribuan orang di muka bumi ini meninggal sia-sia karenanya.

Meskipun berbahaya namun, penyakit ini dapat dicegah dengan menggunakan abstaince, puasa seks, be faithfull setia terhadap pasangan, condom, dont inject, edukasi, teman, keluarga dan lingkungan.

Oleh karena itu, lanjutnya, kali ini dirinya mengajak masyarakat hidup sehat, dengan setia pada pasangannya tidak ganti ganti pasangan yang rentang dengan penyakit HIV/AIDS.

“Cara Penularan penyakit HIV/AIDS ini melalui darah yang bercampur melalui transfusi darah, melalui jarum suntik dan tato. Tindik menggunakan alat yang tidak steril maupun luka yang terkontaminasi darah HIV/AIDS. Hubungan seks bebas, ganti ganti pasangan tidak aman yang rentang sekali menularkan kepada istri maupun anaknya apabila kita terkena HIV/AIDS,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Priyanto, berpesan dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan seluruh masyarakat lebih mengerti dan memahami tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

Ia berharap, pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini, nantinya disampaikan kembali kepada keluarga terdekat maupun masyarakat lainnya untuk mengajak kepada mereka membiasakan hidup dalam prilaku yang sehat.

“Dengan berpartisipasinya anggota Satgas TMMD pada kegiatan sosialisasi dengan Dinkes maka telah mewujudkan TNI-AD Mengabdi Dan Membangun Bersama Rakyat yang kokoh guna memperkuat persatuan dan kesatuan,”tegas perwira pertama dilingkungan Kodim 0913/PPU yang juga menjabat sebagai Danramil Sepaku ini.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.