Edukasi

Turnamen Catur Pelajar Walkot Cup Samarinda Diikuti Atlet Luar Kaltim


SAMARINDA (NK) – Turnamen Terbuka Catur Walikota (Walkot) Cup Samarinda se-indonesia yang berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (19/7/2019) hingga Minggu (21/7/2019) jadi ajang bergengsi tingkat pelajar SD, SMP dan SMA dengan kehadiran peserta dari luar Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yakni Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Ketua Percasi Provinsi Kaltim, H. Arifuddin sekaligus Ketua Panitia dalam sambutannya penutupan turnamen bergensi tingkat pelajar tersebut memberikan, motivasi kepada atlet yang belum mendapat kesempatan juara. “Tetap semangat, belajar terus untuk mencapai juara,”ujarnya.

Kejuaraan catur turnamen antar pelajar ini, jelasnya, adalah persiapan bagi atlit catur muda Kaltim untuk mempersiapkan diri bertarung ke kejuaraan daerah antar pelajar Popprov di Berau nanti dan juga Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Samarinda, Erhan Yusuf, mengatakan, yang terpenting dari turnamen ini bagaimana bisa mengembangkan filosofi catur, sabar, tenang, bertahan dan menyerang.

Beberapa pelajar yang sudah tekun berlatih jauh-jauh menyempatkan waktunya untuk datang bertanding dengan segala persiapan dan memenangkan kejuaraan adalah sebuah prestasi yang nantinya akan berpengaruh pada masa depan pelajar itu sendiri,”ujarnya.

Menurutnya, catur adalah olahraga strategi untuk mencapai tujuan menang dalam pertarungan, demikian pula jika diaplikasikan dalam pertarungan politik yang pada intinya adalah berpikir dengan strategi, penuh kesabaran dan ketenangan untuk mencapai maksud dan tujuan menang.

Sementara itu hasil turnamen merupakan beberapa pelajar yang berhasil mendapatkan prestasi yakni, untuk tingkat pelajar SMA putra juara pertama diraih Raden Syafiudin dari SKOI Kaltim, juara dua – Arifin asal SKOI Kaltim, juara tiga – M. Sagena asal Tanah Bumbu Kalsel, di peringkat keempat, Budi Rizkiansyah asal Kukar serta peringkat lima Arjuna Dwi Harja asal Sulbar.

Kemudian pada tingkat pelajar SMA putrid peraih juara pertama, Alexandra Askali dari SKOI Kaltim, juara dua, Evi Yuliana – SKOI Kaltim, juara tiga, Sinar Gema R – SKOI Kaltim, peringkat empat, Helma Ghinaya dari Amuntai Kalsel lalu peringkat lima, Lisa Ariani asal Tanah Laut Kalsel.

Tingkat Pelajar SMP Putra, juara pertama, Dicky Aditya – SKOI Kaltim, juara dua, Galang Aditya Wardana  – Barabai Kalsel, juara tiga, David Yong Viano  – Balikpapan, peringkat empat M. Robbit Ishami – Samarinda, peringkat lima, M. Ikhsan Mubarak – Tanah Bumbu Kalsel. Tingkat Pelajar SMP Putri, juara pertama, Aura Syahrawani -SKOI Kaltim, juara dua, Hana Aisyah – SKOI Kaltim, juara tiga, Nafiska Sayekti A – SKOI Kaltim, Peringkat empat, Xandra Fredlin R – Tanah Bumbu Kalsel, peringkat lima, Dita Elyfrida  – Balikpapan.

Sedangkan untuk tingkat Pelajar SD Putra sebagai juara pertama,  M. Rizky Prima N. -Amuntai Kalsel, juara dua, Rafael Rori – Kukar, juara tiga,  M. Fakrani Aini – Banjarmasin Kalsel, peringkat empat, Sergio Rori – Kukar, peringkat lima, Nicholas Chang – Samarinda. Tingkat Pelajar SD Putri, juara pertama, Nisfa Dayyana R –  Kalsel, juara dua, Atabiya Radhwa Sagena H – Samarinda, juara tiga, Nova Kirana Azzahra – Samarinda, peringkat empat, Ummi Isra Juliani – Tanah Bumbu Kalsel, peringkat lima, Hillary M.P dari Kubar.(im/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top