Wakili Kukar, Rafael dan Sergio Sabet Juara Catur Walkot Samarinda Cup

Rafael Rori dan Sergio Rori  kakak beradik yang berhasil meraih juara mewakili Kukar dalam Turnamen Catur Pelajar Walikota Cup Samarinda 2019 se Indonesia

Sugeng : Dua Tahun Percasi Tak Didukungan KONI dan Dispora Kukar

SAMARINDA (NK) – Dua kakak beradik Rafael Rori (11) dan Sergio Rori (9) sebagai pecatur junior mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil meraih juara dalam Turnamen Catur Pelajar Walikota (Walkot) Cup Samarinda 2019 se Indonesia.

Ajang bergengsi kejuaraan catur tingkat pelajar daerah di gelar di Aula Gedung Olahraga Stadion Segiri Samarinda berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga puncaknya Minggu (21/7/2019) diikuti ratusan atlit catur tingkat pelajar berbagai wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar) Kelas yang dipertandingkan dari tingkat pelajar SD, SMP hingga SMA.

Kakak beradik Rafael dan Sergio pelajar SD Neger 009 Tenggarong anak dari pasangan Charles Rori S.H. dan Masriana Saragih dalam turnamen tersebut mengikuti pertandingan tingkat pelajar SD.


Pelatih atlet Kukar Sugeng Prayitno yang bergelar Master FIDE (MF) juga menduduki posisi bidang Pembinaan dan Prestasi Cabang Olahrga (Cabor) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kukar, kepada newskaltim.com mengatakan, hasil pertandingan yakni si kakak Rafael berhasil mengantongi nilai poin 7 sebagai juara dua sedangkan si adik Sergio keluar sebagai juara harapan satu diperingkat empat dengan nilai poin 6,5.

Dibeberkannya, selama mengikuti kejuaraan yang berlangsung tiga kali berturut-turut itu, hasilnya memastikan kedua kakak beradik ini berada diposisi juara dan hal tersebut tentu membanggakan dirinya.

Selama tiga kali mengikuti tanding dalam turnamen ini, mereka tetap memastikan posisi juara dan hal tersebut tentu membanggakan kami,”ujar Sugeng.

Namun sayang, ungkapnya, meskipun sudah beberapa kali atlet catur Kukar menorehkan prestasi tetapi tidak mendapatkan dukungan dari KONI Kukar dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten. Bahkan selama dua tahun terakhir sama sekali mendapatkan kucuran anggaran untuk Percasi melakukan pembinaan pada atletnya.

Ia menambahkan, melihat bakat dan antusias mereka terhadap perlombaan catur tentu suatu kebanggaan tersendiri bagi Kukar dan juga sekolah tempat mereka menimba ilmu dan prestasi.

Dengan prestasi ini, katanya, tentu dibutuhkan sedikit perhatian dan uluran tangan Pemkab Kukar melalui Dispora guna lebih memberi ruang bagi bakat-bakat muda di Kukar dalam berlatih olahraga otak itu, utamanya para pelajar sehingga nantinya dapat meraih gelar juara serta mengharumkan nama Kukar hingga ke ajang nasional dan internasional.

Terpisah Sergio mengatakan, selama ini ia bersama adiknya kerap berlatih di rumahnya dengan bimbingan pelatihnya.

“Kami berdua berguru dengan sang master kami pak sugeng dan juga banyak latihan di rumah dengan ayah dan adik Sergio, kami berdua sudah lima kali mengikuti kejuaraan dan beberapa kali tanding dapat juara, kebetulan cita-cita kami sama-sama ingin jadi grand master,”ungkapnya diamini Sergio.(im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.