Usai Resmi Jabat Bupati Kukar, Sejumlah Tokoh Lakukan Silahturahmi  

Bupati Kukar (baju putih berkopiah) saat menerima silahtirahmi tokoh masyarakat adat dan FPMT usai resmi dilantik sebagai orang nomor satu di Kukar

Edi : Pertanian Harus Lebih Diunggulkan di Tabang

TENGGARONG (NK)  – Usai resmi dilantik sebagai Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, Jumat (15/02/2019) kemarin menerima kunjungan silaturrahim dan ucapan selamat sejumlah tokoh adat beserta perwakilan masyarakat Kecamatan Tabang, di rumah dinas bupati.

Beberapa tokoh adat dari Tabang diantaranya Edi Gunawan Areq Lung,  Yahya Ubay, Andreas Masing dan Kepala Adat Ritan Baru, Ketua Forum Peduli Masyarakat Tabang (FPMT) Rigoris beserta perwakilan para pemuda dan mahasiswa didampingi oleh Camat Tabang Daleq.

Pertemuan silaturrahim yang difasilitasi oleh Camat Tabang, Amai Pedaleq tersebut, pada kesempatan itu, Camat Tabang menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Edi Damansyah menjadi Bupati Kukar definitif oleh Gubernur Isran Noor pada Kamis (14/02/3019) kemarin

Ucapan selamat juga disampaikan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kaltim, Edi Gunawan Areq Lung, mewakili seluruh elemen masyarakat dayak Kaltim, khususnya Kukar.

Beberapa pujian juga disampaikan oleh beberapa tokoh adat, terkait masalah dukungan Edi selama ini kepada masyarakat Tabang, sudah turut mensukseskan acara festival adat Mecak Undat serta acara-acara lainya yang berbau budaya dan kearifan lokal warga setempat.

Menanggapi ucapan selamat dan sejumlah pertanyaan, Edi menyatakan, menyambut baik kehadiran dan ucapan selamat serta dukungan segenap masyarakat Tabang atas terpilih dirinya selaku Bupati Kukra.

Selain itu Edi menuturkan, ada wacana sektor pertanian budidaya jagung, kepada masyarakat yang diwakili Forum Peduli Masyarakat Tabang (FPMT) agar segera direalisasikan mengingat banyaknya ketersediaan lahan di wilayah Kecamatan tersebut belum tersentuh oleh pemanfaatan lahan pertanian masyarakat.

Sementara itu, usai diskusi dan bincang-bincang tersebut, kepada awak media Edi menegaskan, produk unggulan yang akan diterapkan diawal masa jabatanya khusus untuk wilayah Tabang, adalah program pertanian yang harus lebih diunggulkan disana.

Mengingat luasnya ketersediaan lahan di daerah hulu, saya berharap FPMT sebagai garda terdepan untuk memajukan pertanian di kecamatan Tabang,”tukasnya.

Selain program pertanian, lanjutnya, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan program pembangunan Rumah Besar untuk membantu pengentasan kemiskinan masyarakat. “Bahkan juga akan kami data nantinya beberapa masyarakat yang memiliki rumah sudah tidak layak huni dan akan kami lakukan bedah rumah,”tegasnya.

Terpisah, menanggapi pernyataan bupati tersebut, Ketua FPMT, Rigoris mengucapkan sangat berterimakasih atas dukungan serta dorongan semangat dari bupati Kukar tersebut.

“Segalanya saat ini sedang dipersiapkan oleh forum dan segera akan dilaksanakan guna menjawab pernyataan pak bupati tadi,”ujarnya.

Camat Tabang, Daleq pada kesempatans ama menuturkan sangat mendukung program yang disampaikan bupati itu.

“Program pak bupati itu semuanya untuk kebaikan warga Tabang, sehingga sangat dibutuhkan dukungan seluruh masyarakat,”pungkas Daleq.(im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.