HEADLINE

Wabah Corona, 1.100 KK di Desa Sebulu Ulu Dapat Sembako Gratis

Bantuan sembako Desa Sebulu Ulu Kukar

TENGGARONG (NK) – Warga Desa Sebulu Ulu, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) turut berpartisipasi menyalurkan bantuan berupa sembako kepada 1.100 Kepala Keluarga (KK) yang terkena imbas mewabahnya corona atau COVID-19 sehingga berdampak pada perekonomian warga setempat.

Adapun bantuan yang diberikan kepada 1.100 KK desa Sebulu Ulu tersebut berupa, 1.100 karung beras ukuran 5 kilogram, 1.100 bungkus kemasan berisi sarden tiga kaleng, mie instant enam bungkus, susu satu kaleng dan satu liter minyak makan. Bantuan disalurkan pada Minggu (19/4/2020) ke 15 RT yang tercatat berada di Desa Sebulu Ulu.

Penyaluran bantuan langsung dikoordinir Kepala Desa  (Kades) Sebulu Ulu, Zulhaidir, didampingi Badan Pengawas Desa (BPD), Ridwansyah, Dirut Bumdes, Jimi Wijaya dan Babinkantibmas Polsek Sebulu Aipda Nyoto disaksikan Ketua Pemuda Ing Martadipura Kabupaten Kukar, Agus Supriadi.

Kades Sebulu Ulu, Zulhaidir menegaskan, dirinya telah menginstruksikan langsung kepada perangkat desanya melalui Bumdes untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdata kurang mampu.

“Awalnya kami mendata ada 1,100 KK yang akan mendapatkan bantuan, namun yang baru dapat kami realisasikan ada sekitar 869 KK tersebar di 15 RT,” kata Zulhaidir.

Ia mengungkapkan, ada 6 ribu  jiwa warga yang tercatat sebagai penduduk tetap desa Sebulu Ulu dimana terdapat 1.100 KK tercatat sebagai warga yang layak menerima bantuan diluar dari warga yang berstatus Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Aparatu Sipil Negara ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Penyaluran bantuan yang dilakukan Kades dan perangkatnya melalui Ketua RT, dimulai dari RT 01 hingga ke RT 15 tidak terlepas dari pantauan langsung BPD, Ridwansyah yang juga turut andil menurunkan bantuan beras dan sembako dari mobil pick up ke rumah – rumah ketua RT setempat guna disalurkan kembali langsung pada warganya.

“Alhamdulillah hari ini, bantuan sudah disalurkan ke 869 warga yang layak menerimanya dari rencana awal untuk  1.100 KK tiap RT dan disaksikan langsung oleh warga setempat,” ujar Ridwansyah.

Bhabinkantibmas Polsek Kecamatan Sebulu Ulu, Aipda Nyoto yang juga turut andil dalam mengawasi kondusifitas dan keamanan kegiatan pelaksanaan pembagian bantuan bagi warga desa  menyatakan, kegiatan pembagian bantuan sembako dalam penanganan COVID – 19 di desa Sebulu Ulu hari ini dalam kondisi aman dan terkendali dan setiap warga mengucapkan terimakasih atas bantuan itu.

Terpisah Ketua Pemuda Ing Martadipura Kabupaten Kukar, Agus Supriadi di Kantor Desa Sebulu Ulu mengatakan, memberikan apresiasi atau penyaluran bantuan kepada warga desa itu.

“Kami apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh desa Sebulu Ulu, semoga bisa menjadi contoh bagi desa – desa lain ditengah pandemi COVID-19 yang secara langsung mengisolir kegiatan warga dibeberapa wilayah khususnya di Kukar,” tegas Agus.

Terpisah seorang warga RT 12, Idah  menyatakan menyambut gembira atas tersalurnya bantuan yang langsung diterimanya dari Ketua RT.

“Kami sangat berterimakasih bantuan yang disalurkan desa melalui Pak RT, utamanya dimusim wabah COVID-19 ini, keluarga kami kesulitan mencari makan dan kebanyakan berdiam dirumah,” ujarnya.

Pembagian bantuan turut diramaikan beberapa organisasi pemuda dan organisasi masyarakat lokal turut berpartisipasi membantu proses penyaluran bantua sejak dari Kantor Desa Sebulu Ulu menaikkan beras dan sembako ke kendaraan pick up sampai ke penyaluran ke rumah – rumah warga. Terlihat beberapa ormas dari Pemuda – pemudi Karang Taruna, Gerakan Pemuda Anshor, Ibu – ibu PKK, Ketua RT setempat, Lembaga Adat Desa dan Pemuda Ing Martadipura Kutai Kartanegara.(im/nk)

Berita Popular

To Top