Wabup PPU Minta Jalan TMMD Harus Ditingkatkan

Wabup PPU, H. Hamdam saat melakukan penanaman pohon Trembesi disisi jalan penghubung dua desa yang dikerjakan pada TMMD tahun ini

Aspotmar : Belum Tuntas Dikerjakan Kembali di TMMD Selanjutnya

PENAJAM (NK) – Wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU),  H. Hamdam meminta, akses jalan penghubung Desa Argo Mulyo – Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku yang telah dibuka dan dikerjakan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 tahun 2019 di wilayah Kodim 0913/PPU, agar ditingkatkan oleh desa dan Pemkab PPU.

Demikian dikatakannya saat mendampingi kunjungan kerja rombongan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI yang dipimpin, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, SH. MH, M.Tr (Han), Senin (25/03/2019), hadir pula LO Angkatan Laut  Kodam VII/Mlw, Kolonel (Mar) Daniel, Staf Ahli bidang Sosbud Kodam VI/MLW,  Kolonel Inf Eben Ezzer L Tobing, S.Ap.

Pada kesempatan itu, Wakil bupati bersama Tim Wasev Mabes TNI melakukan penanaman Pohon Trembesi di kanan – kiri jalan penghubung yang dibangun pada  TMMD ke 104 tahun 2019 .

Karena jalan sudah terbuka maka Pemerintah PPU akan terus melakukan pembangunan sampai dengan tuntas, jika perlu akan kita gunakan dana anggaran desa atau Dana UPT PU bahkan anggaran dari APBD PPU,”ujar Hamdam disela – sela kegiatan kepada awak media.


Ia menilai, karya bakti TNI dalam kegiatan TMMD ini sungguh membawa manfaat cukup besar bagi masyarakat PPU khusus desa Argo Mulyo, Tengin Baru dan desa sekitarnya di Kecamatan Sepaku, sehingga Pemkab memberikan apresiasi tinggi kepada TNI.

Sementara itu, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, SH. MH, M.Tr (Han) menjelaskan, rombongan ini memiliki tugas melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD di Kodim 0913/PPU dan merupakan perintah langsung dari Mabes TNI, apakah TMMD ini berjalan sesuai rencana.

“Saya hari ini melihat langsung hasil TMMD ke 104 dan apa yang belum tuntas maka dituntaskan pada TMMD berikutnya jadi bersambung, sehingga akan membantu pembangunan infrastruktur di daerah. Bahkan telah disampaikan oleh Pak Wabup, Pemkab akan mempercepat pembangunan yang sudah terbangun itu,”katanya.

Dandim 0913/PPU juga Dan Satgas TMMD ke 104, Letkon Inf Mahmud mengatakan,  pelaksanaan peninjauan Tim Wasev Mabes TNI yakni untuk mengecek Posko dan hasil kerja Satgas TMMD di Desa Argo Mulyo dan Desa Tengin Baru serta melakukan  penanaman pohon pelindung jenis Trembesi di lokasi kanan kiri jalan utama TMMD 104 tahun 2019.

”Pohon raksasa trembesi atau albizia termasuk jenis pohon dengan evaporasi atau penguapan tinggi serta mempunyai akar yang kuat dan tajuknya sangat lebar  jenis pohon ini cepat tumbuh dan kemampuannya menyerap air sangat kuat,”ungkap Mahmud.

Ditambahkannya, pelaksanaan peninjauan Tim Wasev Mabes TNI yang dilaksanakan sebagai program kerja satuan Mabes TNI untuk mengetahui progres kegiatan TMMD 104 Kodim 0913/PPU, dengan harapan agar pelaksanaan TMMD ini membawa dampak bagi masyarakat menjadi lebih sejahtera.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.