Wah Hebat, Anak Petani Asal Babulu Jadi Taruna Akmil

Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud pose bersama Sertar Akmil, Ripman Agreynaldi saat berada di Makodim PPU

Dandim : Masuk TNI Tidak Dipungut Biaya Alias Gratis

PENAJAM (NK) – Menjadi satu kebanggaan menjadi seorang Taruna Akademi Militer (Akmil) apalagi berasal dari keluarga yang berlimpah harta, hal ini dibuktikan Sersan Taruna (Sartar) Akmil, Ripman Agreynaldi, kelahiran  Balikpapan,11 Agustus 2000 merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan bapak Ripani dan ibu Sumanti yang sehari-hari berprofesi sebagai petani  beralamat di jalan Swadaya RT 04 Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, kepada newskaltim.com, Kamis (25/7/2019) menuturkan, cita – cita Ripman Agreynaldi untuk menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui jalur taruna Akmil diwujudkannya usai lulus dari salah SMA di daerah Babulu.

Dibeberkannya, kemudian yang bersangkutan mendatangi sendiri Koramil 03  Babulu guna mendapatkan informasi pendaftaran calon Taruna Akmil. Dan dirinya diterima Danramil, Kapten Inf Slamet Pamuji sekaligus memberikan masukan dan arahan bagaiman masuk menjadi TNI.

Dan semenjak itu, tuturnya, Ripman Agreynaldi rutin mendatangi Koramil 03 Babulu untuk berlatih, Danramil Babulu pun meresponnya dengan memerintahkan anggotanya melatih serta membina baik fisik maupun mentalnya.

Menurutnya, merupakan satu kebanggaan Ripman Agreynaldi  mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan di Akmil dan kini telah berpangkat Sertar Akmil, pasalnya dia merupakan satu-satunya putra terbaik Kabupaten PPU yang bisa lolos sampai ke tingkat pusat.

Suatu kebanggaan tersendiri juga bagi warga PPU dan Kodim 0913/PPU yang bisa mempunyai generasi penerus bangsa dari Akmil yang sebelumnya hanya pendidikan Calon Tamtama (Catam) dan Calon Bintara (Caba),”tukasnya.

Ia berpesan, kepada generasi muda lulusan SMA asal Penajam, yang memenuhi syarat sehat jasmani dan rohani bisa mengikuti jejak Serta Ripman, sebagai bukti bahwa masuk TNI tidak dipungut biaya dan tidak harus anak pejabat atau orang berada.

“Masuk Akmil, Caba atau Catam TNI sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis yang penting sehat jasmani, rohani dan lulus seleksi jadi tidak musti anak pejabat ataupun orang mampu. Ini dibuktikan oleh Sertar Akmil, Ripman Agreynaldi yang orang tuanya sehari hari berpropesi sebagai petani di Babulu,”tegasnya.

Terpisah, Sertar Akmil, Ripman Agreynaldi kepada awak media mengungkapkan, merupakan satu kebanggan buat dirinya bisa menjadi Taruna Akmil, apalagi hanya ia satu – satunya yang berasal dari PPU mampu bersaing dengan calon Taruna seluruh Indonesia.

Ia berpesan, kepada para remaja yang masih duduk dibangku SMA untuk menyiapkan diri, bersemangat dan berjuang guna menyongsong cita-cita, artinya bukan hanya menjadi Taruna Akmil saja. Tetapi semua yang menjadi cita-cita harus disiapkan secara dini agar mendapat hasil yang maksimal.

“Ayo para lulusan SMA asal PPU terus bersemangat serta mempersiapkan diri untuk meraih cita –citanya,”pungkas Ripman Agreynaldi. (pendim/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.