HEADLINE

Warga Kota Raja Tenggarong Gelar Haul Abah Guru Sekumpul

Haul Akbar Abah Guru sekumpul di Kota Raja Tenggarong Kabupaten Kukar

TENGGARONG (NK) – Belum lagi pupus masa bulan rajab pasca berlangsungnya peringatan Haul Akbar Abah Guru sekumpul di awal rajab beberapa waktu lalu terbilang sukses dilangsungkan di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali kegiatan serupa dilaksanakan oleh warga di Kota Raja Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara  (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim).

Peringatan Haul Abah Guru Sekumpul Asy Syekh Al Allamah KH. Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani ke 15 kali ini, kembali di gelar di Majelis Syifa’ul Qulub pada Senin (9/3/2020) malam di Mabes Pasukan Bawah Tanah Jalan Gunung Gandek RT. 26 No. 36 Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong, Kukar tepat pada 14 Rajab 1441 Hijriah.

Acara yang di ikuti kurang lebih seribu peserta jamaah haul yang sebagian pesertanya adalah jamaah tetap Majelis Burdah Syifa’ul Qulub dibawah Pimpinan Shohibul Wilayah Tenggarong Al Habib Aulia Bin Syahiel Bin Yahya

Selain diramaikan oleh ribuan pengunjung jamaah haul turut hadir, Guru Ahmad Zaini (Loqbahu) selaku pengisi acara dan membawakan tausiyah tentang keistimewaan bulan rajab serta kisah history sosok abah guru, dimulai saat usia kekanakan di kampung tanah kelahiran beliau, hingga mendapatkan gelar sebagai seorang waliyullah yang ramai dikenal oleh kalangan para ulama di Kalimantan Selatan hingga ke seantero negeri.

Selain itu perayaan acara haul abah guru di tenggarong, turut diramaikan oleh beberapa tuan guru dan para habaib dari berbagai daerah yang sudah cukup lama malang melintang bahkan menetap di Kukar  diantaranya, Tuan Guru Nanang, Tuan Guru Taufiq , Tuan Guru Basit , Habib Sofi Al Mudhor, Habib Ahmad BSA, Habib Baraq Bin Yahya dan Habib Yahya Bahsin. Habib Luthfi bin Yahya selaku Ketua Rabitah Kukar serta Habib Fauzi Baraqbah .

Lalu Habib Abdul Qodir Al Hasani  dari Gorontalo, Habib Rafiq Baraqbah asal Pasuruan, Habib Arif Fataq dari Madura,Habib Yusuf Al Hasani dari Gorontalo, Habib Taufiq Baraqbah asal Pasuruan, dan Habib Rifqi Baraqbah dari Pasuruan.

Sementara menyusul dibeberapa perkumpulan majelis ilmu Kota tenggarong, rencananya akan melaksanakan kegiatan haul serupa, yakni memperingati haul abah guru sekumpul dan isra mi’raj nabi dikhususkan di bulan rajab tahun ini. (im/nk)

Berita Popular

To Top