Wujudkan Toleransi, Satgas TMMD Percantik Pelkes GPIB Semoi


PENAJAM (NK)  –  Dalam rangka pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 di wilayah Kodim 0913/ Penajam Paser Utara (PPU) anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD berupaya mewujudkan toleransi beragama dengan memperbaiki gedung Pos Pelayanan dan Kesaksian (Pelkes) Immanuel Semoi Kecamatan Sepaku, PPU.

Toleransi beragama yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke 104 tahun 2019 itu patut diajungi jempol dan dapat dijadikan sebagai contoh, pasalnya, kegiatan perbaikian sebelumnya dilakukan pada Mushola di Desa Argo Mulyo dan Desa Tengin Baru. Kali ini kegiatan serupa dilakukan di Rumah Doa Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Pos Pelkes Imanuel Semoi Sepaku di RT 11 Desa Argo Mulyo Kecamatan Sepaku.

Anggota Satgas TMMD ke 104,  Pelda Imron, kepada newwkaltim.com mengatakan, perbaikan Rumah Doa GPIB Pos Pelkes Imanuel ini melibatkan anggota TNI dan masyarakat berjumlah sepuluh orang yakni, delapan dari TNI dan jemaat dua orang yang tergabung dalam Satgas TMMD 104 Kodim 0913/PPU.

Aksi yang kami lakukan ini merupakan salah satu upaya TNI dan masyarakat untuk mewujudkan toleransi beragama, selain sebagai bagian dari sasaran fisik dalam kegiatan TMMD.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan oleh anggota Satgas dapat menjadi contoh positif bagi masyarakat sekitar meskipun berbeda agama namun satu bangsa satu tanah air yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dandim 0913/PPU juga Komandan Satgas (Dan Satgas) TMMD ke 104 tahun 2019, Letkol Inf Mahmud menegaskan, TMMD ini bertujuan untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan melaksanakan serbuan teritorial sehingga mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“TMMD ini juga sebagai media pemersatu TNI dan masyarakat, sehingga makin kuat dalam menghadapi gangguan keamanan baik dari dalam maupun luar, meskipun berbeda suku, adat dan agama,”tegasnya.

Ditambahkannya, berkaitan dengan program  TMMD Ke 104 Kodim 0913/PPU  adalah wujud dari  suatu Operasi Militer Selain Perang (OMSP),  Bhakti TNI dalam membantu Pemerintah Daerah dalam hal ini sasaran fisik yaitu memperbaiki Gedung Rumah Doa GPIB Pos Pelkes Imanuel Semoi Sepaku ini,

Sementara itu, Koordinator Sektor Pelayanan GPIB Semoi Sepaku, Sarno mengucapkan, terima Kasih yang setinggi-tingginya kepada TNI dalam hal ini Kodim 0913/PPU dipimpin Pelda Imron dan tujuha anggota Satgas, karena telah melakukan perbaikan dan pengecatan gedung rumah doa beberpa hari terakhir ini dibantu jemaat setempat.

“Untuk diketahui, Pos Pelkes GPIB Semoi Sepaku memiliki jemaat dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 14 dan beranggotakan sebanyak 44 Jiwa, sementara itu untuk pelayanan ibadah diperbantukan pendeta dari ektor Kenangan Kecamatan Sepaku, sehingga jelas kami sangat terbantu atas kegiatan anggota Satgas itu,”katanya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.