Kaji Penggabungan dan Pemisahan OPD, Pemkab Kerjasama Unmul

H. Tohar

PENAJAM (NK) – Rencana penggabungan dan pemisahan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan kerjasama dengan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Demikian diungkapkan, Sekda PPU, Tohar, kepada wartawan Rabu (16/1/2019).

Dibeberkannya, sesuai rencana, OPD yang akan dipisahkan adalah Badan Keuangan menjadi Badan Keuangan dan Badan Pendapatan Daerah, serta Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan menjadi Badan Perencanaan Daerah dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Rencana pemisahan dan penggabungan itu, merupakan hasil kajian akademis Unmul. Dimana  dalam kajian mereka ada dua OPD yang akan dipisahkan dan dua digabungkan,”jelas Tohar.

Adapun OPD yang digabungkan, lanjutnya, Dinas Sosial akan digabung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, sementara untuk Dinas Tenaga Kerja akan digabungkan dengan Keberadaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

menurutnya, penggabungan dan pemisahan OPD ini terkait dengan besar dan kecilnya beban kerja, tetapi meski sudah ada hasil kajian akademis semua hasil akhirnya  diserahkan kepada pimpinan.

“Terjadinya pemisahan dan penggabungan OPD tersebut tentu terjadi resiko, dimana sejumlah pejabat ada yang tidak lagi menjabat dan hal itu juga akan menjadi pertimbangan, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan,”pungkasnya(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.