Babinsa Kota Bangun dan Masyarakat Gotong Royong Cor Jalan Makam


TENGGARONG (NK) – Gotong-royong yang merupakan tradisi dan ciri khas Bangsa Indonesia diyakini menjadi salah satu perekat tali silaturahmi antara anak bangsa. Bahkan dalam berbagai kegiatan, semua bisa teratasi dengan menerapkan sistim gotong royong ini, kondisi ini pula yang membuat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membantu masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh warga Desa SP4, Kecamatan Kota Bangun,  Bersama Danramil Kota Bangun, Lettu inf Gunarto bersama anggota Koramil 09/Kota Bangun, Kodim 0906/Tgr, Sertu Yuwono diaplikasinya dengan bergotong royong pengecoran jalan menuju makam yang berlokasi di RT.05, Desa SP4,  Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kukar, Jumat (05/07/2019).

Dijelaskan,  Danramil melalui Babinsa Desa SP4, Sertu Yuwono bahwa, jalan menuju makam adalah jalan yang harus dibenahi dan diperbaiki agar tidak menyulitkan pada saat ada kegiatan di area makam, kondisi jalannya sudah sangat parah terlebih lagi pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Air hujan yang turun mengakibatkan tergerusnya badan jalan sehingga mengakibatkan jalan licin. Sementara makam masyarakat di kelola dengan swadaya untuk pengecoran jalan menuju ke makam.

“Pengecoran jalan menuju ke makam ini sudah lama direncanakan dan merupakan swadaya kami serta masyarakat,” terangnya.

Dalam pengerjaan pengecoran jalan dilakukan secara bergotong royong agar cepat selesai. Menurut Sertu Yuwono selain mempercepat penyelesaian pekerjaan, cara ini menjadi salah satu cara guna mempererat hubungan antar warga. Terkait kehadirannya, merupakan kewajibannya selaku Babinsa untuk selalu bisa membantu kesulitan warganya.

Ini sudah menjadi komitmen kita sebagai anggota TNI untuk selalu bisa membantu kesulitan rakyat disekelikingnya sekaligus mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyatnya agar semakin kuat,” katanya

Dalam kegiatan ini dia berharap, kepada seluruh warga untuk tidak bosan-bosannya selalu menjaga semangat gotong royong dalam segala hal serta membudayakan sikap kebersamaan dan kekompakkan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Terkait hal tersebut ketua RT. 05, Desa SP4 Sukarmin mewakili Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang senantiasa selalu ada di setiap kegiatan desanya. Selaku Aparat desa, dirinya dengan warga juga berupaya sekuat tenaga untuk mengecor jalanjalan-menuju makam umum di desa ini.

“Saya beserta seluruh warga mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI yang selalu aktif dan selalu dekat dengan kami. Kerukunan dan kebersamaan ini akan terus kita jalin demi kemajuan Desa SP4 ini,” kata Sukarmin.(im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.