BIN Lanjutan 3 Ribu Vaksinasi Pelajar dan Masyarakat di Kukar

TENGGARONG (NK) – Pelajar dan masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (16/9/2021),  kembali mendapatkan 3 ribu dosis vaksin yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah (BINDA) Kalimantan Timur (Kaltim).

Pelaksanaan vaksinasi lanjutan kepada para pelajar diberikan sebanyak 1.500 dosis di SMAN 1 Tenggarong dan 1.500 dosis masyarakat yang berada di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar.

Kepala BINDA (KABINDA) Kaltim,  Brigjen TNI Dani Koswara, kepada awak media disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan vaksinasi dilaksanakan pihaknya menyasar para pelajar SMAN 1 Tenggarong dan beberapa sekolah lainnya, agar meningkatkan Herd immunity bagi para pelajar guna mempercepat proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Vaksinasi juga dilakukan secara Door to Door atau dari rumah ke rumah  didampingi langsung olehnya, menyasar  masyarakat desa Tranmigrasi  merupakan salah satu desa pedalaman yaitu Desa Purjiwa Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

“BINDA Kaltim sudah laksanakan Vaksinasi Massal bagi masyarakat dan pelajar sebanyak 22.500 dosis di lima Kabupaten dan kota di wilayah Kaltim, sedangkan di Tenggarong sendiri hari ini kita vaksinasi sebanyak 3 ribu dosis,  dengan rincian 1.500 dosis di tunjukan untuk  pelajar SMAN 1 Tenggarong dan 1.500 bagi  masyarakat dengan sistem Door to Door  dengan mendatangi masyarakat,” ucap Dani Koswara.

Ia menambahkan, vaksinasi ini kenapa mendapat perhatian dari pemerintah karena Kalimantan merupakan episentrum pendemi cukup tinggi di Indonesia, khususnya di Kalimantan walaupun dilihat secara jumlah itu sedikit tetapi persentase tinggi dibanding wilayah-wilayah di  pulau Jawa dengan jumlah penduduk yang ada,” urainya.

Dari 10 kabupaten dan kota yang ada di wilayah Kaltim, sebutnya, Kabupaten Kukar  salah satu dari empat kabupaten dan kota di antaranya yang mempunyai kasus tertinggi penyebaran Covid-19.  Semoga vaksinasi yang dilaksanakan pihaknya dapat meningkatkan Herd immunity di lingkungan yang ada sekarang dan dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah-sekolah yang memasuki PPKM Level 3,” pungkasnya.

Untuk diketahui pelaksanaan vaksinasi lanjutan yang diselenggarakan oleh BINDA Kaltim di SMAN 1 Tenggarong, dihadiri pula  Kepala Sekolah dan para pelajar tersebut, juga  disaksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo secara live video conference. (bah)

Editor : Ervan