Kasum TNI Tinjau Markas Kogabwilhan II dan Batalion Armed XVIII

TENGGARONG (NK) –  Kepala Staf Umum (Kasum) Mabes TNI, Letnan Jendral TNI Eko Margiyono bersama Pangdam VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto, Rabu, (15/09/2021) Siang  meninjau gedung Markas Komando (Mako) Gabungan Wilayah Pertahanan (Gabwilhan) II di Amborawang Darat, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim).

Pada kesempatan itu, Pangdam , menerangkan kunjungan dari Kasum TNI, Letjend Eko Margiyono ialah meninjau kesiapan Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Artileri Medan (Armed) XVIII, untuk mengamankan perbatasan Republik Indonesia dan Malaysia yang rencananya akan berlangsung di Berau Kamis, (16/9/2021) besok.

“Kunjungan Kasum TNI Jendral Eko Margiyono ini yaitu mengecek kesiapan Satgas Armed  XVIII untuk mengamankan perbatasan Republik Indonesia dan Malaysia yang akan ditugaskan besok,” ucapnya.

Disamping itu, tambahnya, Kasum ingin mengetahui sejauh mana perkembangan dari pembangunan gedung Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kogabwilhan) yang dibangun di Samboja, Kabupaten Kukar kemudian Kasum akan melakukan rapat bersama jajaran TNI.

“Beliau juga ingin mengecek sejauh mana perkembangan dari pembangunan Kogabwilhan II yang rencananya akan dibangun di samboja,” terangnya.

Pembangunan Markas Kogabwilhan II masih menjalani proses, berawal dari bulan November 2021 yang rencananya akan diselesaikan di tahun 2022, di area 50 hektar ini akan ada juga fasilitas gedung dan rumah yang khusus diperuntukan untuk Komando Gabungan.

“Proses pembangunan Markas Kogabwilhan II dimulai dari tahun 2021, kami harapkan dapat diselesaikan secepatnya kurang lebih tahun depan, rencananya akan dibangun fasilitas juga seperti gedung dan rumah-rumah dinas untuk keperluan Kogabwilhan II di area seluas 50 hektar ini,” tutupnya. (bah/ra)