Cegah Gangguan, Seluruh Calon Kades di Sepaku Deklarasi Damai

Pembacaan Deklarasi Damai oleh  Edi Suyani Cakades Desa Argomulyo dihadapan pejabat Pemkab, parat keamanan  dan Kecamatan Sepaku guna mencegah gangguan dalam Pilkades serentak tahun 2017 di Sepaku

PENAJAM  (NK) – Calon Kepala Desa (Cakades) dari 6 Desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang masuk dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2017, Rabu (8/11/2017), melaksanakan deklarasi damai, dalam rangka mengantisipasi  dan mencegah terjadinya gangguan dalam pelaksanaan Pilkades tersebut.

Kegiatan yang digelar di gedung pertemuan Kecamatan Sepaku, PPU dihadiri Kapolres PPU,  AKBP.Teddy Restiawan, Sekda PPU, Tohar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, Dul Aziz, Camat Sepaku,  Risman Abdul, serta undangan lainnya, selain itu juga digelar bimbingan teknis  serta pembekalan bagi Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) Sepaku PPU.

Pada kesempatan itu, Camat dalam sambutan menjelaskan, dalam tahapan Pilkades Panitia Kecamatan Sepaku sudah memenuhi prosedur yang ditetapkan pemerintah sehingga saat ini Pilkades Sepaku sudah memasuki tahapan Deklarasi Damai.

Untuk diketahui, lanjutnya, di Kecamatan sepaku sendiri ada enam desa yang akan mengikuti Pilkades serentak Tahun 2017 terdiri dari,  Desa Telemow, Desa Bumi Harapan, Desa Karang Jinawi, Desa Argomulyo, Desa Sukomulyo dan Desa Semoi II.

Saat ini Pilkades di Kecamatan Sepaku akan memasuki tahapan kampanye yakni pada 21 hingga 23 November 2017 dan pada 23 sampai  26 November 2017 akan memasuki tahapan masa tenang. Diharapkan  dalam pelaksanaan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan sama sekali,”tukasnya.

Hari ini juga, lanjutnya,  ada kegiatan tambahan yakni KPPS karena saat ini Kecamatan Sepaku sudah yang ke empat kalinya melaksanakan pembentukan KPPS, harapannya KPPS harus Netral dalam melakukan tugasnya sesuai aturan yang berlaku.

Kepala DPMD PPU,.Dul Aziz, menuturkan, DPMD juga sependapat dengan apa yang diinginkan oleh Camat Sepaku, agar pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik. Dimana tahun ini ada 14 desa di Kabupaten PPU mengikuti Pilkades Serentak diharapkan semuanya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Sekda PPU, H. Tohar mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan hari ini ialah bertujuan untuk mensukseskan kegiatan pilkades serentak tahun 2017. Sedangkan pemerintah tugasnya adalah menjadi fasilitator untuk panitia yang melaksanakan kegiatan pilkades serentak.

“DPMD harus menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya begitupun dengan Kecamatan beserta perangkat nya harus menjalankan sebagaimana mestinya. Kedaulatan politik ada di masing-masing masyarakat sendiri untuk memilih calon yang ada maka gunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani mana calon  yang ingin membangun desa sesuai dengan kondisi desa masing-masing bukan karena semata untuk kekuasaan dan mencoba melaksanakan pesta demokrasi damai,”tegas Tohar.

Ditambahkannya, terkait dengan panitia penyelenggara Pilkades diharapkan jangan ada yang bermain dibelakang layar, oleh karena itu dirinya meminta  kepada  panitia harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur.

Saya juga meminta memasuki tahapan kampanye nanti, para Cakades agar dalam pelaksanaan dapat melakukan yang sewajar-wajarnya saja tanpa ada saling menjatuhkan sesama Cakades. Yang paling penting adalah hasil akhir Pilkades harus lebih berhati-hati, karena  di Kecamatan Sepaku sudah pernah mengalami yakni Pilkades ulang karena ketidak hati hatian panitia. Diharapkan kasus sebelumnya di jadikan pelajaran untuk panitia pilkades,”tukas Tohar.

Senadanya, Kapolres PPU menegaskan, kegiatan ini adalah salah satu betuk dari pemanasan semua masyarakat, dalam menghadapi Pilkada, Pilgub dan Pilpres tahun 2018 dan 2019 mendatang yang pelaksanaanya begitu  besar di bandingan dengan Pilkades ini.

Ia menegaskan, Polres akan memantau langsung dalam pemilihan tersebut dan apabila terdapat potensi yang dapat mengganggu kelancaran pemilihan maka pihaknya segara menindak lanjuti sesuai hukum berlaku.

“Oleh karena itu, kami minta kepada Cakades yang akan bersaing dalam Pilkades bisa bersaing dengan cara jujur sesuai dengan ketentuan yang sudah diterangkan dalam Pilkades,”pungkasnya.(ervan/nk)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.