Cegah Karhutla, Polres PPU Gelar Patroli Gabungan

Tim patroli gabungan saat memasang tanda peringatan guna antisipasi Karhutla di PPU

PENAJAM(NK) – Patroli Gabungan dilakukan oleh anggota Kepolisian Polres PPU, TNI, dan Manggala Agni untuk melaksanakan tindakan preventif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di daerah Kecamatan Penajam. Senin, (09/10/2017).

Saat dikonfirmasi, Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan menjelaskan, patroli gabungan ini terus di lakukan guna menangani Karhutla yang sangat sulit ditangani, selain dilaksanakan patroli ke tempat-tempat rawan, patroli gabungan ini juga sekaligus menandai titik koordinat daerah yang rawan terjadi kebakaran dan titik air terdekat Sehingga menurutnys, apabila terjadi kebakaran, petugas langsung dapat menemukan lokasi kebakaran dan mempermudah untuk melakukan pemadaman.

Selain itu juga tim patroli memberikan sosialisasi tentang pemahaman kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat desa untuk pentingnya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,”ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan, persoalan Karhutla perlu ada penangganan yang serius dari semua pihak, supaya tidak terulang kembali seperti tahun yang lalu. Oleh karena itu, dirinya berpendapat perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar menjaga lingkungan dari Karhutla.

“Kegiatan seperti ini, harus dilakukan secara rutin, agar masyarakat paham tentang dampak terbakarnya hutan dan lahan,”ungkapnya.(humaspolresppu/nk/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.