HEADLINE

Di Sepaku, KWT Beringin Bukit Raya Aktif Kelola Bank Sampah

Ketua KWT Beringin Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku, Narti

PENAJAM(NK)- Kelompok Tani Wanita (KWT) Beringin di Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara(PPU) telah merealisasikan program Gemar Menabung Sampah yang merupakan program dari Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) PPU. Kamis, (1/12/2016).

Ketua KWT Beringin, Narti menjelaskan, program tersebut seharusnya di lakukan oleh Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bukit Raya, namun karena anggota PKK desa tersebut jumlahnya sedikit dan tidak menyanggupi, maka program tersebut di laksanakan oleh KWT Beringin sebagai percontohan. Hal ini juga mendapat persetujuan langsung oleh Kepala Desa Bukit Raya Sepaku, Sunoto.

Anggota KWT Beringin ada 26 dan semuanya aktif serta mampu untuk mejalani Program tersebut,”ungkap Narti.

Selain menjadi Ketua KWT Beringin, Narti juga merupakan bagian dari anggota PKK Desa di bagian Unit Pengolahan Kegiatan Keluarga (UPK2). Diteruskan Narti, Gemar Menabung Sampah ini melalui beberapa Tahap, diantaranya pemberian tempat sampah basah dan kering kepada anggota KWT, melakukan pemilahan sampah antara sampah yang dapat di jual seperti kardus, kertas-kertas, besi dan sampah yang dapat di jadikan kreatifitas seperti tempat tisu, celemek masak ini dari plastic plasik bekas contohnya plastic molto dan sejenisnya. Setelah itu Lanjutnya, penimbangan sampah anggota KWT, kemudian hasil sampah yang telah di kumpulkan di tulis dalam buku tabungan sedangkan di luar anggota KWT hasilnya di uangkan. Sampah yang telah terkumpul yang telah di pilah akan di ambil oleh pengepul.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan nya produktifitas ibu-ibu KWT dan cara menanggulangi sampah rumah tangga.”pungkasnya.(nissa/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top