HEADLINE

Pemkab PPU Gelar Assesment Calon Dirut PDAM

Suasana proses penilaian (Assesment) calon Dirut PDAM PPU di Hotel Blue Sky Kota Balikpapan

PENAJAM(NK)- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar menghadiri langsung proses penilaian (Assesment) dari Tim seleksi yang dilaksanakan dalam rangka pemilihan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) PPU di Hotel Blue Sky Kota Balikpapan. Dalam kegiatan tersebut juga hadir Wakil Bupati PPU Mustaqim MZ, Wakil Ketua DPRD PPU Syahruddin dan Sekretaris Daerah PPU Tohar . Kamis, (1/12/2016).

Bupati PPU, Yusran Aspar dalam sambutannya menjelaskan, ketiga calon yang telah lulus seleksi pemilihan direktur PDAM PPU tersebut semuanya memiliki kualitas yang baik. Namun menurutnya, perlu diketahui bahwa dirut PDAM yang dibutuhkan hanya satu orang. Sehingga melalui seleksi tersebut harus ada yang tidak terpilih.

“Kapasitas saudara untuk menjadi dirut PDAM di PPU memang tidak diragukan lagi. Namun perlu kita ketahui, bahwa PDAM PPU hanya membutuhkan satu orang sebagai direktur, jadi yang lain harus siap jika tidak terpilih, “ungkap Yuran.

Yusran juga mengatakan, setelah pelaksanaan assesment tersebut dipastikan dalam waktu dekat akan segera diumumkan siapa yang berhak untuk menjadi dirut PDAM di PPU.

Paling lambat hasil penilaian ini sudah dapat diumumkan pada akhir Desember mendatang,“ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah PPU melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) PPU melakukan penilaian (Assesment) dalam rangka merekrut Dirut PDAM PPU. Dalam pelaksanaan Assesment tersebut, sebanyak tiga calon ditetapkan sebagai kandidat setelah sebelumnya telah melalui  sejumlah tahapan seleksi yang dilaksanakan.

Masing-masing calon tersebut adalah, Abdul Rasyid asal Kota Bontang, Taufik asal Tirtadadi dan Misdianto sendiri asal PPU yang merupakan Dirut PDAM PPU terdahulu. Dalam kegiatan assesment yang digelar ini juga, masing-masing peserta menyampaikan berbagai program dan visi misi mereka jika terpilih menjadi Dirut PDAM PPU.

Sementara itu Tim seleksi yang dihadirkan masing-masing Sekretaris Daerah PPU, Tohar sebagai ketua tim, Mantan Dirut PDAM Balikpapan, dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Asisten Administrasi Umum Kabupaten PPU, Alimudin dan Kepala BKD PPU, Surodal.

Salah satu calon yang berasal dari Kota Bontang yakni Abdul Rasyid tampak begitu antusias menyampaikan visi dan misinya dihadapan Bupati PPU jika ia terpilih Menjadi Dirut PDAM PPU nanti.

Dikatakan Rasyid, setelah selama dua minggu mempelajari seputar PDAM diwilayah PPU, dirinya mengatakan masih banyak hal-hal yang harus dibenahi dilingkungan PDAM PPU tersebut. Salah satu yang terpenting kata dia adalah menejemen yang ada dilingkungan instasi ini belum tertata dengan baik.

“Jika saya diberi kepercayaan oleh bupati menjadi dirut PDAM PPU, yang pertama saya benahi adalah menejemen yang ada, “ungkapnya.

Mantan karyawan sebuah perusahaan di Kota Bontang ini mengatakan, kondisi geografis yang ada di PPU sangat luas. Melalui PDAM yang ada saat ini di PPU, diprediksi hanya mampu melayani sekitar 5 ribu rumah tangga yang ada. Sementara itu menurutnya masih ada kurang lebih 38 ribu rumah tangga belum terlayani PDAM yang ada.

“PDAM PPU juga masih banyak terjadi kebocoran-kebocoran yang dilakukan pelanggan, sehingga menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan,”pungkasnya.

Dalam pelaksanaan Assesment tersebut, masing-masing calon diberikan waktu selama satu jam untuk menyampaikan berbagai visi misi mereka dihadapan Bupati PPU. Peserta juga harus siap menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh tim seleksi seputar PDAM yang mereka sampaikan.(humas6/kanda/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top