Diguyur Hujan 13 Kotak Suara di Babulu PPU Rusak

Irwan Sahwana

Terdapat Dua Kotak Rusak Parah 

PENAJAM (NK) – Akibat terkena guyuran hujan sedikitnya 13 kotak suara logistik Pemilu Serentak tahun 2019 yang didistribusikan pada Senin (15/04/2019) kemarin ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengalami kerusakan.

“Informasi yang saya terima ada sekitar 13 kotak suara yang rusak terkena air,   meskipun telah ditutup menggunakan terpal serta dibungkus plastik saat diangkut menggunakan truk menuju ke PPK Babulu,”ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Irawan Sahwana kepada newskaltim.com, Selasa (16/04/2019).

Dari 13 kotak tersebut, lanjutnya, hanya dua kotak suara saja yang rusak karena segel bagian bawah kotak jebol, sementara sisanya bisa diatasi dengan cara dikeringkan karena rusak ringan hanya basah saja tidak merusak bagian bawah kotak.

Karena yang rusak hanya dua, maka kami hanya melakukan penggantian dua kotak saja, nanti dibuatkan berita acaranya,”katanya.

Dibeberkannya, sementara ini laporan yang mengalami kerusakan hanya kotak saja dan itu terdapat di Kecamatan Babulu, sedangkan kecamatan Sepaku, Waru dan Kecamatan Penajam aman. Selain itu, pihaknya masih menunggu laporan dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) jadi masing ditunggu apa kekurangannya.

Hari ini, jelasnya, semua logistik sebagai besar didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga ke TPS dan akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan, sehingga baru diketahui apa saja kekurangannya, sementara itu ada sebagian lagi baru didistribusikan ke TPS.

Diakuinya, memang secara aturan satu hari sebelum pencoblosan semua logistik sudah ada di TPS, tetapi guna mengantisipasi terjadinya hujan atau ada TPS yang rusak atau roboh akibat angin atau hujan seperti tahun 2014 lalu jadi agak rawan, sehingga baru didistribusikan ke TPS besok hari sebelum pencoblosan.

“Kendala utama kita adalah cuaca hujan, sehingga kami koordinasikan dengan teman – teman kepolisian dan Bawaslu agar Rabu (17/04/2019) subuh besok baru didistribusikan ke TPS, guna mengantisipasi cuaca tadi,”terang Irwan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, bebernya, 13 kotak suara yang rusak basah terkena hujan tersebut yakni, pada Desa Labangka pada  TPS 11, kotak DPRD Provinsi Kaltim kondisi rusak parah, jebol bagian bawah kotak dan segel rusak, TPS 12, kotak DPRD Provinsi Kaltim kondisi rusak ringan, di Desa Babulu Laut, TPS 02, kotak DPRD Provinsi Kaltim rusak ringan, TPS 08, kotak DPRD Kaltim rusak ringan, TPS 09, kotak DPRD Kaltim rusak ringan, TPS 11, kotak DPRD Kaltim rusak ringan,  TPS 13, kotak DPRD Kaltim rusak ringan.

“Kemudian, di Desa Gungung Mulia  TPS 02, kotak DPRD Kaltim rusak ringan, TPS 05, kotak DPRD Kaltim rusak ringan, lalu Desa Sumber Sari, di TPS 05, kotak DPRD Kaltim rusak ringan, sedangkan di Desa Babulu Darat pada TPS 08, kotak Pemilihan  Presiden – Wakil Presiden rusak ringan, TPS 06, DPD RI rusak parah, Kotak Robek dan TPS 26, DPD RI rusak ringan,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.