HEADLINE

KPU PPU Distribusikan 2.575 Kotak Suara Empat Kecamatan

Salah satu proses pendistribusian dari KPU PPU menuju ke PPK dengan pengawalan keamanan dari Polres PPU dan pengawasan Panwaslu   

Irawan : Kekurangan 1.916 Surat Suara Telah Terpenuhi

PENAJAM (NK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU), Senin (15/04/2019) mendistribusikan 2.575 kotak suara Pemilu Serentak Tahun 2019 dari Kantor KPU menuju empat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten PPU menggunakan18 unit mobil truk dengan pengawalan pengamanan anggota Polres dan TNI dan pengawasan Bawaslu PPU.

                                            Irwan Sahwana

Ketua KPU PPU, Irwan Sahwana menuturkan kepada awak media, 2.575 kotak suara tersebut berisi dokumen negara dan hari ini harus sudah terdistribusikan ke setiap PPK dan H-1 atau Selasa (15/04/2019) sudah didistribusikan ke setiap TPS dengan pengawalan dari anggota Polri, TNI dan Linmas serta diawasi oleh Bawaslu.

Dibeberkannya, untuk tahap awal logistik didistribusikan ke PPK Sepaku menggunakan lima unit truk berupa kotak suara sejumlah 530 kotak, bilik suara 424 buah dan surat suara sebanyak 27.469 lembar, kemudian tahap kedua ke PPK Waru dengan kendaraan truk tiga unit, berupa kotak suara sebanyak 270, bilik suara 216 buah dan surat suara 13.465 lembar.

Kemudian, lanjutnya, tahap ketiga dari KPU ke PPK Babulu menggunakan kendaraan truk enam unit, berupa 605 kotak suara, 494 buah bilik suara dan surat  suara sebanyak 26.635 lembar, pada tahap terakhir adalah ke PPK Penajam dengan menggunakan truk empat unit, berupa 1.170 kotak suara, 936 bilik suara dan 57.998 lembar surat suara.

Diakuinya, KPU baru melakukan pendistribusian logistik hari ini, karena menunggu tambah surat suara yang sejumlah 1.916 untuk 12 TPS di Kelurahan Jenebora Kecamatan Penajam, namun sekitar pukul 11.00 wita pihakya, telah mendapatkan surat tambah dari KPU Pusat sebanyak 4.900 lembar surat suara sehingga terdapat kelebihan. Rencananya Selasa besok akan dimusnahkan serta dibuatkan berita acaranya.

Surat suara tambah yang kami terima dari pusat langsung kita lakukan penyortiran sebelum didistribusikan. Sedangkan untuk pengamanan di Kecamatan kami  telah melaksanakan  rakor dengan Kecamatan, Danramil, Kapolsek dan Panwascam,”katanya.

Irwan menuturkan, memang untuk wilayah Kecamatan Penajam khususnya di daerah Kelurahan Jenebora dan Desa Bukit Subur dalam hal pendistribusian dinilai rawan. Tetapi masalah ini bisa diatasi. Dimana arah Jenebora nantinya akan dibantu menggunakan kapal milik PT. Balikpapan Forest Industries (BFI) Korindo, sedangkan yang ke Desa Bukit Subur menggunakan truk dari Koramil Penajam.

“Sesuai dengan surat perintah dari Polres masing – masing logistik mendapat pengamanan empat orang anggota Polres sedangkan pendampingan dari KPU telah dibagi per korwil terdiri dari komisioner dan staf KPU juga dari PPK masing- masing kecamatan,”pungkasnya.(nav/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top