Dishub PPU Terus Benahi Kelengkapan Kelotok dan Speedboat

Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dishub PPU, Fernando Hutagalung


PENAJAM(NK) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan pembenahan baik pemeriksaan kelengkapan surat-surat kapal maupun kelengkapan alat keselamatan pada kapal di Pelabuhan Kelotok dan Dermaga Speedboat Penajam guna meminimalisir potensi laka laut dan permasalahan administrasi pada motoris kapal. Hal itu di utarakan Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dishub PPU, Fernando Hutagalung kepada Newskaltim.com. Rabu, (23/8/2017).

Fernando mengatakan, kegiatan pemeriksaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketertiban dan keamanan serta ingin menumbuhkan kesadaran para pemilik kapal terhadap keselamatan pada penumpang yang dimuat. Selain itu, dijelaskannya juga, kegiatan pemeriksaan beberapa waktu lalu juga berdasarkan kejadian yang ada seperti terjadinya insiden kapal kelotok yang tenggelam belum lama ini, sehingga dirinya menilai sudah sepantasnya Dishub PPU melakukan pemeriksaan kapal mulai dari administrasi, alat keselamatan dan kelayakan kapal.

Kita gak ada niat lain, kita hanya menjalankan tugas saja. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan bersama,”ujarnya.

Diterangkan Fernando, dirinya mengakui dengan kondisi defisit anggaran yang terjadi saat ini sedikit menghambat kinerjanya. Namun, dirinya optimis untuk melaksanakan tugas dengan maksimal ditengah sulitnya anggaran untuk kegiatan.

Fernando juga berencana akan melakukan prmeriksaan kelengkapan kapal secara meluas yakni tidak hanya di pelabuhan kelotok, namun juga di dermaga speed boat penajam. Diakuinya, berdasarkan data yang dimilikinya, sebanyak tujuh unit kelotok yang bermasalah.

“Tertib aturan itu yang perlu kita tegakkan, meskipun saat ini kegiatan razia tidak ada anggarannya, tapi kami tetap bisa jalankan. Contohnya kegiatan razia beberapa waktu lalu dengan Polres PPU yang berhasil kita jalankan,”jelasnya.

Dirinya meminta seluruh pemilik kapal baik kelotok maupun speedboat agar segera melengkapi surat-surat kapal, melengkapi alat keselamatan kapal serta memperhatikan kelayakan kapal milik masing-masing.

“Untuk yang belum melengkapi surat-suratnya, selama dua minggu ini kami buka posko pengurusan surat-surat kapal di dermaga speedboat,”pungkasnya.(kanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.