HEADLINE

Hermonius Pimpin Habama Kubar Periode 2020-2025

Asisten I Sekkab Kubar, Ayonius mewakili Bupati, FX Yapan SH memimpin prosesi pelantikan Pengurus Habama Kubar periode 2020-2025

SENDAWAR (NK)  –  Musyawarah Besar Suku Dayak Etnis Bahau, yakni  Huang Bahau Hinaq Ayaq Bahau Maran (Habama) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur, berlangsung sejak 13-14 Februari 2020 di Amin Bahau, Taman Budaya Sendawar (TBS), berakhir dengan sukses.

Dalam Mubes itu empat kandidat bersaing mengikuti pemilihan untuk menjadi Ketua Umum Paguyuban Habama Kubar periode 2020-2025. Terpilih secara demokrasi menjadi Ketua Umum Habama Kubar adalah Hermonius SE.

“Yang mengikuti pemilihan untuk menjadi Ketua Umum Habama Kubar periode 2020-2025 sebanyak empat kandidat, yaitu urutan pertama, Hermonius SE,  Markus Mas Jaya di nomor urut dua, urutan ketiga, Wiji Kasmirus  dan Irenius Juan di nomor urut empat,” jelas Ketua Panitia Mubes Habama Kubar Yan Sinyal, didampingi Sekretaris Panitia Martinus Lejo kepada Newskaltim, kemarin di Sendawar.

Yan Sinyal menjelaskan, dalam mubes itu terpilih secara demokrasi dengan suara terbanyak adalah Hermonius alias Remon, dan lantik serta dikukuhkan menjadi Ketua Umum Habama Kubar bersama Pengurus Habama Kubar periode 2020-2025, di Amin Bahau, TBS, Jumat (14/2/2020) lalu.

“Terima kasih kepada Ketua Komisi II DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang yang hadir dalam acara ini. Masyarakat Dayak Bahau (Habama) berharap organisasi ini dapat menguatkan persatuan dan kesatuan sesama etnis dan antar etnis, serta dengan Pemerintah Daerah,” urainya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan SH dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Asisten II Sekkab Kubar, Ayonius menyampaikan apresiasi kepada Paguyuban Habama Kubar.

“Selamat kepada Ketua Umum terpilih. Habama telah memberikan contoh terbaik kepada paguyuban lainnya di Kubar melalui pemilihan ketua umum secara demokrasi. Saya berharap agar Habama menjadi salah satu paguyuban yang bisa bersama memajukan daerah dengan beragam bidang pembangunan bersama Pemkab Kubar, yakni dengan mendukung Visi-Misi pembangunan daerah ini,” pungkas Ayonius.

Ketua Umum Habama Kubar  terpilih periode 2020-2025, Hermonius SE menegaskan, bahwa dia akan mengemban amanah masyarakat Dayak Etnis Bahau Kubar sepenuh hati.

“Terima kasih tiada terhingga kepada seluruh masyarakat Dayak Etnis Bahau (Habama) yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengemban amanah menjadi Ketua Umum Habama periode 2020-2025. Saya akan menjaga amanah ini dan berharap sepenuh hati Habama bersatu,” ucapnya.

Dia menyebut tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang dalam pemilihan ketua umum pada musda itu. Yang menang adalah rasa persatuan dan kesatuan untuk bersama membangun Kubar dan khususnya persatuan masyarakat Dayak Etnis Bahau di Kubar.

“Misi utama pelestarian adat dan budaya kearifan lokal. Habama akan bisa menjalin sinergitas dengan semua organiasi dan paguyuban se-Kubar, menjaga toleransi, bersinergi dengan pemerintah, serta berkoordinasi degan semua pihak. Misi sosial etnis Bahau harus diperkuat,” pesannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kubar, Faustinus Syaidirahman mengakui sangat mendukung keberadaan seluruh paguyuban yang ada.

Ia menjelaskan, pihaknya mengakomodir semua kelembagaan yang ada di Kubar. Pemkab Kubar mengakomodir dan membina semua etnis yang ada. Kubar memiliki Lembaga Adat Kabupaten yang bisa menghimpun dan mencakup semua etnis. Untuk sementara ini DPMK Kubar juga mengakomodir masalah anggaran kepada Habama.

“Namun tidak menutup kemungkinan semua paguyuban di Kubar kedepan akan diakomodir anggarannya oleh Pemkab Kubar melalui DPMK,” tukasnya.

Begitu pula disampaikan Ketua Lembaga Adat Besar Kabupaten Kubar,  Manar Dimansyah Gamas berharap, dibawah kepemimpinan Ketua Umum Hermonius akan mampu bersinergi dengan pengurus adat se-Kubar dan juga Pemkab Kubar.

“Kuatkan persatuan dan kesatuan dalam Habama, menjunjung tinggi adat  dan budaya asli daerah, sehingga adat Kubar khususnya masyarakat Dayak Bahau berwibawa dan menjadi salah satu  pengayom bagi masyarakat,” bebernya.

Hadir dalam acara itu ratusan masyarakat Dayak Etnis Bahau se-Kubar, utama dari Kecamatan Long Iram dan Tering. Tidak ketinggalan tokoh masyarakat adat Dayak Bahau, Ismail Panji yang merupakan tokoh penggagas berdirinya Paguyuban Habama, turut  hadir bersama puluhan tokoh masyarakat Dayak Bahau.(ran/nk)

Berita Popular

To Top