HUT RI, Dandim PPU dan Wartawan Saling Gepuk

Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud saat dikalahkan wartawan PPU, Samir Paturusi dalam lomba gepuk bantal dalam rangka HUT RI ke 74 tahun 2019

Dandim : Sebagai Bentuk Penghormatan Kepada Para Pahlawan

PENAJAM (NK) – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia, Jumat (16/8/2019), Dandim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), Letkol Inf Mahmud saling adu gepuk dengan Samir Paturusi seorang perwakilan wartawan dalam lomba tradisional gepuk bantal yang dilaksanakan di kolam Taman Bunga Rozeline PPU.

Lomba yang diprakarsai Kodim 0913/PPU tersebut mempertandingkan dua kategori peserta, yakni remaja dan dewasa dengan peserta remaja diikuti oleh siswa SMAN 8 PPU, sedangkan peserta dewasa diikuti oleh anggota Kodim 0913/PPU, Polres PPU, Satpol PP, BPBD PPU, petugas kebersiahn, wartawan serta masyarakat umum.

Lomba berjalan meraih dimana masing – masing peserta mendapat semangat dari masing-masing suporter. Bahkan Kodim telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi para pemenangannya.

Pada laga babak penyisihan, kegiatan semakin meriah karena lomba gebuk bantal tersebut itu juga diikuti perwakilan Wartawan Samir Paturusi melawan Dandim, Letkol Inf Mahmud dengan dimenangkan oleh Samir Paturusi. Untuk menjadi pemenang peserta pertandingan harus mampu mengalahkan lawannya dengan memukulkan bantal ke lawannya hingga jatuh ke kolam.

Dandim kepada awak media mengatakan, dalam lomab ini pihaknya menyiapkan hadiah bagi para pemenangan yakni untuk peserta remaja, juara satu mendapatkan kipas angin, juara dua dispenser, dan juara tiga dan harapan 1 masing-masing mendapat kompor gas.

Sedangkan peserta dewasa, lanjutnya, panitia menyiapkan hadiah kulkas  untuk juara satu, juara dua mendapat mesin cuci dan juara tiga dispenser tinggi.


Menurutnya, kegiatan ini cukup unik dan menarik menjadi pilihan pihaknya  untuk memeriahkan HUT RI kali ini, selain dari TNI, Polri, wartawan, unsur pemerintah daerah juga melibatkan masyarakat.

Harapan kita, kegiatan ini dapat menghilangkan sekat-sekat antar instansi, antar institusi bahwa dalam meraih kemerdekaan, kita harus bekerja sama,”tegasnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa sekaligus silaturahmi antara Keluarga Besar Kodim 0913/PPU dengan instansi lainnya serta masyarakat sekitar.

“Ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini,” tambahnya.

Diungkapkannya, selain lombaan gepuk bantal, Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang LXV Kodim 0913/PPU, dihari sama juga melakukan anjang sana  mengunjungi peserta didik di Sekolah Luar Biasa (SLB), untuk bersilaturahmi, membagikan bingkisan dan bendera merah putih.

“Bagaimanapun juga, mereka anak-anak kita yang harus kita tanamkan nilai-nilai perjuangan,”imbuhnya.

Untuk diketahui, masih dalam rangka memeriah HUT RI ke 74 ini, Kodim PPU juga menggelar lomba hias desa serta kelurahan dengan pernak-pernik khas Hari Kemerdekaan, pihaknya akan melakukan penilian mana yang diunggulan oleh Danramil dan diberikan apresiasi atas semangat menyambut 17 Agustus.

Pada lomba hias desa dan kelurahan itu, jelasnya,  penyerahan hadiannya akan disisipkan pada malam kenegaraan usai pelaksanaan upacara bendara HUT RI.

“Tujuan kegiatan yang kami laksanakan ini untuk merefresh kembali nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita, pahlawan-pahlawan kita, bahwa kemerdekaan tidak diraih dengan mudah. Kita inilah generasi penerusnya, bagaimana pun caranya harus bisa menjaga keutuhan NKRI,”pungkas Dandim.

Diakhir kegiatan seluruh anggota Kodim 0913/PPU tanpa terkecuali beserta seluruh peserta terjun ke kolam dan bersama – sama menyanyikan lagu 17 Agustus 45 atau Hari Merdeka.(nav/nk)