Kapolres Kukar sampaikan Amanat Presiden


TENGGARONG (NK) – Perayaan upacara HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 melalui tema “Dengan Semangat Parometer, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”, berlangsung semarak pada Rabu (10/7/2019) pukul 08:00 wita di Lapangan Polsek Loa Janan, Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara AKBP. Anwar Haidar, SIK., MSi, Komandan Upacara, Iptu I Made Surya, SIK  Juga di hadiri tamu Kehormatan Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah MSi, Ketua DPRD Kutai Kartanegara, Salehudin S.Sos S.Fil, Dandim 0906/Tgr. Letkol CZi Bayu Kurniawan SE M.Tr ( Han ), Kajari Kukar H.Kasmin SH MH, Ketua PN Maulana Abdillah beserta perangkat ASN dan SKPD Pemkab Kukar dan seluruh jajaran perwira TNI dan Polri beserta segenap anggota personil Kepolisian Republik Indonesia Resor Kutai Kartanegara yang turut hadir.


Pada kesempatannya Inspektur upacara AKBP. Anwar Haidar, menyampaikan pidato Amanat Presiden RI bahwa, Mengawali amanat ini, atas nama Rakyat, Bangsa dan Negara Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-73, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Republik Indonesia dimanapun bertugas dan memberikan penghargaan dan apresiasi atas kerja keras, pengabdian dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah yang di tunjukan personel Polri, dalam memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat, menegakkan hukum serta memberi perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat.

Dan terimakasih atas kinerja keras Kepolisian yang mengawal berbagai kegiatan dalam momentum penting bangsa ini, seluruh agenda masyarakat juga dapat terselenggara dengan aman mulai dari perayaan Natal 2018, tahun baru 2019 sampai dengan Ramandan dan Idul Fitri 2019 kita juga merasakan situasi kamtibmas dengan kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar.

Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan mulai kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat kemudian kejahatan lintas negara, seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang dan kejahatan siber, kejahatan berimplikasi kontijensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa dan unjukrasa anarkis sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara, seperti illegal logging, illegal fhishing, illegal mining dan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018 polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai 2,9 triliun Rupiah dan penyelamatan keuangan negara 3,3 triliun Rupiah.

Selanjutnya dalam pengelolahan organisasi Polri telah meningkatkan Akuntabilitas dan transparasi laporan keuangan Polri memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dari badan pemeriksaan keungan selama 6 tahun berturut-turut. Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin Kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045

Demikian disampaikan Pidato Amanat Presiden RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Kabupaten Kutai Kartanegara. Tepat pada pukul 09:20 wita upacara dinyatakan telah selesai dengan kondisi lancar tertib dan aman. (im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.