Kebakaran Hanguskan Pabrik dan Kantor Produksi II PT. BFI

Tim gabungan ketika melakukan pemadaman api yang membakar pabrik dan kantor produksi plywood milik PT, BFI di Jenebora, PPU Kaltim. Api berhasil baru bisa dikendali setelah 11 jam lamanya

Tim Gabungan Berhasil Padamkan Api Selama 11 Jam

PENAJAM (NK) – Kebakaran melanda pabrik pabrik plywood milik PT Balikpapan Forest Industry (BFI) yang beralamat di Inne Donghwa, Kelurahan Jenebora, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur pada Selasa (30/7/2019).

Kepala Sub Bidang Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU, Hj. Nurlaila kepada newskaltim.com, Selasa (30/7/2019), kejadian kebakaran itu terjadi bermula sekitar pukul 19.00 wita.

“Kami mendapatkan laporan terjadi kebakaran tersebut sekitar pukul 19.26 wita dan kami pun langsung menuju lokasi kejadian bencana dengan membawa peralatan yang dibutuhkan,”ujarnya.

Berdasarkan informasi awal yang diterima, lanjut Nurlaila, penyebab terjadinya kebakaran itu, diduga adanya percikan api akibat korsleting listrik yang berasal dari kantor produksi II, lalu api membesar serta merembet ke gudang Resin.

Api kemudian merembet ke dinding kantor serta plywood yang siap ekspor sehingga terjadi ledakan tabung oksigen,”kata Nurlaila.

Bupati PPU, AGM (baju hitam) ketika ikut membantu memadamkan api berbaur dengan masyarakat dan tim gabungan

Dibeberkannya, upaya penanganan awal yang dilakukan oleh HSE PT. BFI namun tidak dapat mengatasi besarnya api karena hanya berjumlah dua unit sementara lokasi kebakatan cukup luas.

Lalu, lanjut Nurlaila, upaya pemadaman mendapatkan bantuan dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU Pos Maridan, Pos Sotek, Pos Penajam, BPBD, Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Kodim 0913/PPU, Polres PPU dan Warga tetapi api tetap belum bisa dikendalikan. Bahkan Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) ikut terjun membantu ke lokasi.

Diungkapkannya, usaha itu akhirnya berhasil dilakukan pada Rabu (31/7/2019) sekitar pukul 05.00 wita dimana api sudah bisa dikendalikan atau  setelah sekitar 11 jam api membakar gudang pabrik dan kantor produksi II milil PT. BFI. Sekitar pukul 09.00 wita seluruh tim gabungan telah meninggalkan lokasi kejadian, karena dinilai bencana telah semua tertangani.

“Setelah api berhasil dipadamkan, sekitar pukul 06.00 wita kami lakukan pemadaman. Kerugian terdampak sementara atas kejadian ini adalah terbakarnya Kantor Produksi II atau pabrik sekaligus gudang resin atau lem yang difungsikan sementara untuk plywood yang siap dikirim atau ekspor ke Timur Tengah. Material yang terbakar yaitu plywood dan tepung untuk campuran lem. Hingga kini kerugian material belum bisa diperkirakan,”pungkasnya.(nk/nav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.