KPU Cetak 123,709 Surat Suara Pilbup PPU 2018

H. Suhermansyah SA


PENAJAM (NK) – Sebanyak 123,709 ribu lembar surat suara kebutuhan Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati PPU pada Pilkada Serentak tahun 2018 telah dilakukan pencentakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Hal ini diungkapkan, Divisi Logistik Komisioner KPU PPU, H. Suhermansyah SA, kepada newskaltim.com, Minggu (20/5/2018), dijelaskannya, 123 ribu lembar surat suara itu dicetak di PT Pura Barutama perusahaan percetakan berada di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Pencetakan surat suara  tersebut telah dilakukan sejak 13 Mei 2018 lalu, pada perusahaan percetakan pemenang tender pencetakan surat suara,”ujarnya.

Untuk diketahui, terangnya, jumlah surat suara yang dicetak tersebut besaranya diambil dari jumlah 118.579 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen sebagai surat suara tambahan dan surat suara untuk persiapan pemungutan ulang sejumlah 2 ribu lembar, sehingga total mencapai 123,709 lembar.

Dituturkannya, seluruh surat suara tersebut setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan akan disalurkan ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh PPU

Proses pencetakan surat suara ini berlangsung selama empat hari, tentu mendapat penjagaan ketat aparat Kepolisian,”tukasnya

Saat ini, lanjutnya, KPU tinggal menunggu proses pengiriman surat suara tersebut dan merupakan tanggungjawab perusahaan percetakan. Sedangkan untukkeamanan surat suara yang telah dicetak sudah dipastikan percetakan sangat jelas dan tidak dapat dipalsukan.

“Surat suara telah dilengkapi pengamanan berupa security printing, yang hanya diketahui Ketua KPU dan perusahaan. Selain juga penggunaan microtext untuk menghindari pemalsuan atau penjiplakan, dimana ada kode microtext dari percetakan tidak terlihat dengan kasat mata,”tegasnya. (nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.