Pantai Istana Amal Menjadi Lokasi Peringatan Hari Nusantara Nasional

PENAJAM (NK) – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Nusantara Nasional pada tanggal 13 Desember tahun 2020, tempat pelaksanaan tersebut di Pantai Istana Amal Kelurahan Penajam. Hari Nusantara tahun 2020 akan mengusung tema “Penguatan Budaya Bahari Dalam Peningkatan Ekonomi Maritim di Era Digital”.

Dalam rangka persiapan Hari Nusantara, Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf Angkatan Udara (Asportdirga Kasau) Marsda TNI Irawan Nurhadi didampingi Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Ahmad, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU Budi Santoso berserta rombongan meninjau lokasi kegiatan Hari Nusantara, Senin (30/11). Kunjungan tersebut juga memastikan kesiapan Kabupaten PPU serta kesiapan pelaksanaan demo militer yang nantinya akan dilakukan TNI Angkatan Udara (AU).

Kepala Diskominfo PPU selaku Ketua Panita Lokal Hari Nusantara Budi Santoso menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang akan ditampilkan TNI AU mulai dari aksi penerbangan trike yang menggunakan roda tiga dan bentuk sayapnya seperti layang-layang, serta paramotor yang menggunakan parasut dengan baling-baling dibelakangnya.

” Bahkan nanti ada flypass pesawat shukoi, merupakan atraksi terbang bebas yang dilakukan pesawat-pesawat tempur dengan membetuk formasi. Untuk aeromodelling nantinya juga ada, kemungkinan akan ditampilkan tetapi untuk waktu yang sesingkat,” ujar Budi.

Sedangkan lanjutnya, kesiapan Hari Nusantara masih belum terlihat di lokasi dikarenakan masih belum ada kegiatan, tetapi untuk kesiapan infrastruktur mulai dari akses jalan menuju Pantai Istana Amal sudah dilakukan pengerasan jalan dan pengaspalan jalan sudah mulai siap dilakukan.

” Terkait pembersihan di sepanjang jalan tersebut juga sudah dilakukan oleh kawan-kawan dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan,” terangnya.

Dikarenakan ditengah pendemi covid-19, pelaksanaan peringatan Hari Nusantara ini pastinya sangat memperketat protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Bahkan tamu undangan pun terbatas hingga tidak diperkenankan masyarakat menyaksikan secara langsung di lokasi tersebut.

” Untuk tracking menggunakan rapid test pun nantinya akan kita lakukan, sehingga kita bisa memastikan bahwa para tamu undangan yang berada disekitar lokasi tersebut semuanya bisa kita jamin tidak tertular virus covid-19,” ungkapnya.

Ia pun berharap, dengan adanya peringatan Hari Nusantara di Kabupaten PPU mampu membawa Kabupaten ini menjadi lebih dikenal di seluruh Indonesia. Terlebih sudah ditetapkan untuk menjadi Ibu Kota Negara (IKN).

” Untuk masyarakat yang ingin menyaksikan pelaksanaan Hari Nusantara bisa melalui media sosial dan media streaming yang nantinya disediakan. Juga tetap memperhatikan dan waspada penyebaran covid-19 masih terjadi, selalu ingat protokol kesehatan 3M,” pungkasnya.

Seusai kunjungan tersebut, guru dan pelajar di Kabupaten PPU yang bersamaan sedang berkunjung ke Pantai Istana Amal di ajak TNI AU untuk joy flight strike di sisi Pantai Istana Amal. Bertujuan agar menjadi motivasi bagi pelajar untuk semangat belajar. (nk-01)