Edukasi

Peduli Sosial, TSA Mulawarman Gelar Sosalisasi Dan Serahkan Bantuan

Anggota TSA Unmul saat berfoto bersama warga usai kegiatan

SAMARINDA(NK)- Tanoto Scholars Association Mulawarman (TSA Mulawarman) telah berhasil merealisasikan salah satu projek sosial, yakni Bina Desa Lempake dengan Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Alat Biogas Di Desa Lempake Samarinda Utara. Jumat, (9/12/2016).

Salah satu anggota TSA Mulawarman yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, Bagus Kurniadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan proses pembuatan biogas kepada masyarakat Desa Muang Dalam Lempake RT.34 yang sebagian berprofesi sebagai peternak dan petani. Sehingga menurutnya, masyarakat dapat membuat sendiri dan mengembangkannya ke skala yang lebih besar.

Proker Biogas ini dipilih karena dapat mencakup 2 misi utama dari Tanoto Foundation yaitu Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Hidup,”ujarnya

Bagus menambahkan, Yang paling penting dari pembuatan biogas adalah pembuatan reaktornya. Karena biogas merupakan hasil dari proses fermentasi dari bakteri anaerob untuk menghasilkan gas metan, maka reactor harus benar-benar dalam kondisi kedap udara. Dijelaskannya, untuk pembuatan reactor secara garis besar ada 4 tahap, yaitu proses pengukuran & pembolongan drum, pengeleman pipa pada drum, pengecatan drum, dan perakitan.

“Banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana proses pembuatannya karena belum ada yang mencoba dan mempraktekannya, hal ini karena kurangnya sosialisasi dari Pemerintah setempat,”Jelasnya.

Terpisah, ketua Rt 34 Desa Muang Dalam Lempake, Ismanu menuturkan, dirinya sangat berterima kasih dan mengapresiasi program dari kelompok mahasiswa tersebut, pasalnya, dengan adanya kegiatan semacam ini, masyarakat dapat memahami sebuah kotoran yang dianggap limbah dapat bermanfaat dari segi social dan segi ekonomis.

“Terimaksih atas ilmu yang di berikan. Sekarang kita jadi tau cara pembuatan biogas dan sangat bermanfaat untuk warga di lingkungan RT.34 ini,“tuturnya.

Untuk diketahui, Tsa Mulawarman adalah para penerima Beasiswa Tanoto Foundation yayasan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei pada tahun 1981, dengan tujuan  Tanoto Foundation memiliki 3 misi utama yaitu Pendidikan, Pemberdayaan, dan Peningkatan Kualitas Hidup.(nis/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top