Pemkab Bakal Bangun Pabrik Beras

Abdul Gafur Mas’ud

AGM : Pengelola Pabrik Dibentuk Perusda Beras

PENAJAM (NK) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) bakal membangun pabrik penghasil beras yang mengelola hasil produksi pertanian petani di kabupaten PPU sendiri.

Kami memang berencana untuk membangun pabrik beras hasil panen pertani di PPU sendiri, untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pendapatan daerah,”Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud kepada wartawan Jumat (04/01/2019).

Dikatakan AGM, pihaknya telah diminta oleh DPRD PPU agar bisa meningkatkan pendapatan daerah, kan dirinya sering bilang PPU ini tanah yang berkah padi serta kelapa sawitnya banyak dan batu bara, migasnya ada semua sudah dikelola, tetapi ada satu yang belum dioptimalkan secara khusus yaitu pertanian.

“Oleh karena itu, kami  sedang menggodok pembangunan pabrik beras,  tentunya ada efek sampingnya yaitu apa saat penyuplaian hasil panen para petani sudah ada tempatnya untuk menjualnya, sebab selama ini yang saya dengar dan lihat yang ambil atau beli beras hasil panen petani kita rata – rata tengkulak dari Banjarmasin,”ujarnya.

Jadi, lanjutnya, hal ini yang harus diperbaikian agar agar uang hasil penjualan dan pembelian termasuk hasil produksi  itu berputar di PPU dan ini yang akan meningkatkan pendapatan daerah.

Dibeberkannya, jika dihitung dalam satu hektar sawah hasil panennya misal 5 ton dan dikalikan luas sawah 15 ribu Ha sehingga total hasil panen mencapai 75 ribu ton dikalikan anggap saja perkilogram di hargai Rp10 ribu maka hasilnya Rp750 miliar bahkan bisa lebih.

“Nah kalau dari hasil pertanian sebesar Rp750 miliar dalam satu kali panen dan  kita optimalkan pendapatan daerahnya dari pajak untuk pemerintah sekitar 10 persen, maka satu kali panen pemerintah mendapatkan Rp75 miliar itu hanya dari sektor pertanian saja, sementara saat ini baru Rp500 juta saja,”katanya.

Untuk mengelola pabrik ini, jelas AGM, maka pihaknya akan membentuk Perusda Pertanian harapannya Perusda itu mampu berkontribusi meningkatkan pendapatan daerah PPU.

“Perusda ini diyakin mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah di kabupaten PPU,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.