ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pemkab Rencanakan PT Berbasis SDA Terbarukan

Abdul Gafur Mas’ud

PENAJAM (NK) – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) merencanakan untuk membuka Perguruan Tinggi berbasis Sumber Daya Alam (SDA) terbarukan dengan lokasi di Kecamatan Penajam, PPU sebagaimana tertuang dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten PPU Tahun 2018-2023.

Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) kepada awak media, Selasa (9/4/2019) mengatakan, niat ini sesuai dengan letak geografis Kabupaten PPU hasil pemekaran dari Kabupaten Paser. Pembangunan fisik Kampus ini rencananya akan dibangun di Kecamatan Penajam, diatas tanah seluas 5 hektar milik pemerintah daerah Kabupaten PPU.

Sesuai RPJMD dan Visi Misi kami, akan membangun Universitas yang pendidikan utamanya yaitu Pertanian, Perkebunan, dan Kelautan sesuai letak geografis PPU,” kata AGM.

Lanjut Bupati termuda sepanjang sejarah kepemimpinan di Kalimantan Timur yang juga Ketua Umum Asosiasi Kepala Daerah Kepulauan dan Pesisir (Aspeksindo) ini mengambil contoh potensi hasil laut Kabupaten PPU yang melimpah, penyumbang padi terbesar di Pulau Kalimantan, serta kekayaan potensi perkebunan.

“Kita punya banyak nelayan, di bidang pertanian kita ini juga lumbung padi di Kalimantan, bukan lagi lumbung Kaltim, lumbung Kalimantan. Bahkan Padi kita Alhamdulillah surplus. Kemudian kita tidak memungkiri hutan Industri, karet, sawit, juga pabrik-pabrik banyak di PPU,” bebernya.

Oleh karena itu AGM menyatakan perlu adanya institusi pendidikan yang berorientasi pada kekayaan daerah, maka  dari itu ia akan menghadirkan SDM yang unggul dan dia tidak keluar lagi mencari ilmu cukup hanya di PPU.

“Masyarakat PPU  harus ada pendidikan, dan tidak perlu keluar PPU lagi untuk menuntut ilmu, cukup kuliah di PPU agar anak-anak kita bisa mengelola lahan-lahan yang mereka miliki,” paparnya.

Terkait rencana pembangunan Perguruan Tinggi di PPU, ia mengaku telah membangun komunikasi dengan pihak Universitas Mulawarman (Unmul) untuk melakukan kerjasama.

“Saya sudah melakukan komunikasi dengan beberapa dosen pengajar serta telah disampaikan kepada Rektor, dan mudahan nantinya pemerintah pusat bisa turut mensupport, niat kami didaerah agar Kampus tersebut bisa hadir di PPU dan kami telah menyiapkan lahannya,” pungkasnya.(nk/nav)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top