PPU Dapat Bonus Kuota Jaringan Gas

PENAJAM (NK) – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat bonus kuota tambahan jaringan gas dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral sebanyak 500 Sambungan Rumah.

Jumlah ini menambah kuota untuk lima Kelurahan di Kecamatan Penajam, dari 4.002 SR, menjadi 4.502 sambungan rumah.

Asisten II Setkab PPU Ahmad Usman, menyampaikan, 500 SR Jargas akan diberikan di lima Kelurahan. Yakni Penajam, Gunung Steleng, Nenang, Nipah-nipah dan Sungai Parit. Namun, sebelumnya perlu dilakukan pendataan ulang bagi masyarakat yang ingin memasang Jargas.

“Nanti didata ulang lagi bagi warga yang mau memasang Jargas,” jelasnya. Diusahakan posisi sudah memiliki jaringan yang telah terpasang pipa, sehingga memudahkan pemasangan.

Realisasi pemasangan Jargas di PPU tertinggi di Kaltim

Ahmad mengatakan sebelum memperoleh tambahan SR Pemkab PPU melayangkan surat permohonan tambahan kepada Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, serta Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM.

“Kami mengajukan tambahan 1.000 SR, tapi yang disetujui hanya 500, namun kita harus bersyukur karena dapat tambahan,” ujarnya. Soal progres pemasangan Jargas, hingga kini telah mencapai 29,69 persen per 20 Agustus, dan ditarget dapat digunakan tahun ini juga.

“Saya kira dengan angka 29,69 persen itu sudah sangat tinggi, Kabupaten PPU realisasi Jargas tertinggi di Kaltim. Insya Allah awal Desember tahun ini warga sudah bisa menggunakan jaringan gas dengan harga terjangkau,” tutur Amin. (Ib/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.