Sambut AGM – Hamdam DPRD PPU Gelar Rapar Paripurna Istimewa

Bupati PPU AGM saat membacakan pidatonya dalam rapat paripurna istimewa DPRD PPU menyambutnya dan Wabup H. Hamdam

AGM Minta Doa Restu Seluruh Masrakat PPU

PENAJAM (NK) – Menyambut Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM) dan Wabup H. Hamdam, Jumat, (21/9/2018), DPRD PPU menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka serah terima jabatan dan penyampaian visi misi Bupati AGM dan Wabup, Hamdam.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten PPU tersebut, dihadiri ratusan undangan sejak pagi baik dari lingkungan Pemkab PPU maupun luar PPU seperti Kabupaten Paser, Balikpapan dan Provinsi Kaltim.

Dalam Pidatonya AGM mengatakan, melanjutkan estafet kepemimpinan di Kabupaten PPU, dirinya  mengajak semua pihak untuk menjadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah.

Selain itu, lanjutnya, dari catatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan PPU selama ini, bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna  dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya.

“Kepada pendahulu dan para pendiri Kabupaten PPU, dengan hormat kami menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah yang sama-sama kita cintai dan kita banggakan,” ungkap AGM.

Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten PPU, ujarnya, hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam tingkah laku setiap diri pribadi masyarakat PPU, dan harus termanifestasi dalam kinerja sesuai dengan tupoksi, potensi dan profesi masing-masing. Semangat juga menjadi landasan bagi Visi Kabupaten PPU yaitu untuk  Terwujudnya Kabupaten PPU yang maju, modern dan religius.

Hal itu tambahnya, erat kaitannya dengan Visi dan Misi yang telah dibentuk, juga akan melanjutkan program pembangunan dari kepemimpinan sebelumnya.

Untuk itu kami meminta dukungan serta doa dan restu dari seluruh lapisan masyarakat agar kami dapat mengemban amanah yang telah diberikan oleh masyarakat PPU dengan sebaik-baiknya,”pinta AGM.

Ia menyadari, sesungguhnya Kabupaten PPU sangat potensial bila dibandingkan dengan kabupaten lain, karena memiliki keunggulan kompetitif maupun keunggulan komparatif. Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis yang sangat strategis maupun modal sosial yang pengaruhnya sangat dominan bagi pembangunan daerah.

Menurutnya, dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang dimiliki secara profesional serta dengan memaksimalkan kontribusi dan peran serta semua stakeholder yang ada, serta didukung oleh manajemen pemerintahan yang efisien dan kepemimpinan yang kuat, dirinya sangat optimis akselerasi laju pembangunan pada semua sektor dapat di tingkatkan.

“Tidak lupa pula juga kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung kami dari awal pencalonan hingga terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati PPU Periode 2018-2023. Sekali lagi kami meminta dukungan, doa dan restu dari seluruh lapisan masyarakat dalam kepemimpinan kami selama lima tahun ke depan. Semoga apa yang menjadi cita-cita kita bersama dapat terwujud,”katanya.

Dibeberkannya, semangat inilah yang menjadi landasan bagi visinya yaitu Terwujudnya Kabupaten Penajam Paser Utara yang Maju, Modern dan Religius. Maju artinya, meningkatnya kualitas SDM, tingkat kemakmuran, dan kemantapan sistem dan kelembagaan politik dan hukum, Modern yakni, mampu dan setara dalam menerapkan dan mensinergikan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat dengan kemajuan teknologi kekinian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dan terakhir adalag Religius artinya mewujudkan kehidupan masyarakat sejajar, sederajat dan seimbang dunia & akhirat menuju masyarakat berakhlak mulia, aman dan damai.

“Untuk mendukung visi tersebut, diperlukan beberapa Misi, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan.  Membangun dan meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas kawasan. Meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan.  Menggerakkan dan mengembangkan sektor-sektor non migas sebagai sumber pendapatan daerah melalui kerjasama lokal, regional, dan internasional yang maju dan berkelanjutan. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik akuntabel, inovatif dan professional melalui pengembangan sistem informasi dan  membangun sumber daya manusia Kabupaten Penajam Paser Utara yang berkualitas, religius dan berdaya saing,”tegas AGM.

Selain itu, tuturnya, pasangan ini juga Tiga pilar Kemasyarakatan  yakni, Infrastruktur untuk fokus pada pembangunan jalan mulai dari Provisni, Kabupaten hingga jalan pertanian atauperkebunan agar mendongkrak perekonomian secara signifikan dan menumbuhkan lapangan pekerjaan, lalu Kesehatan dengan membangun fasilitas kesehatan yang bertaraf standar, meningkatkan SDM yang kompeten, – Rumah Sakit Berjalan atau mobil berfasilitas kedokteran yang siap 24 jam melayani warga di setiap Desa dan kelurahan dan BPJS Plus. sedangkan pilar terakhir yakni Pendidikan yakni memperbaiki dan membangun bangunan pendidikan yang layak, meningkatkan SDM yang kompeten, beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan berprestasi serta melahirkan 27.000 Sarjana Muda di PPU dalam satu periode. (Humas6/Nav/NK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.