Edukasi

SDN 003 Melak Adakan Workshop Sekolah Model, Mengimbas Tiga Sekolah

SENDAWAR (NK) – Setelah melaksanakan kegiatan Pendampingan On 1 dan On 2 oleh Pengawas Pembina pada 18-30 September lalu, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Model 003 Melak, Kecamatan Melak, Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, mengadakan Workshop dalam rangka Pendampingan dan Pengimbasan ke sekolah lain, Selasa (8/10/2019).

Sekolah Model SDN 003 Melak melakukan pengimbasan kesekolah imbas SD Muhammadiyah 001 Melak, SDN 002 Melak, dan SDN 004 Melak,

Kegiatan pembukaan Workshop tersebut, mengundang 3 sekolah imbas dengan jumlah 15 peserta. Terdiri 4 guru dan 1 Kepala Sekolah (Kasek) dari masing-masing sekolah tersebut beserta 2 narasumber dari Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Sekolah Model SDN 003 Melak Ilyas dan Iyan Sopyan. Diketahui, Ilyas merupakan Pengawas TK SD Kecamatan Melak, juga Dewi dan Sulamiah.

Kepala Sekolah SDN 003 Melak dalam sambutannya dibacakan oleh Wakil Kasek Hj Juliyanti menyampaikan bahwa penyelenggara acara tersebut adalah SDN 003 Melak atas dasar program dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

“Kegiatan workshop ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, yaitu Pendampingan On 1 dan On 2 oleh Pengawas Pembina yang dilaksanakan pada tanggal 18-30 September 2019 di SDN 003 Melak,” beber Juliyanti.

Dijelaskannya, materi yang disampaikan dalam workshop yakni Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Dasar dan Menengah pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Permendikbud) No 28 Tahun 2016. Serta Materi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“Yakni Analisis Raport Mutu (Pemetaan), Perencanaan Pemenuhan Mutu, Implementasi/Pelaksanaan Pemenuhan Mutu dan Audit Mutu/Evaluasi Pemenuhan Mutu,” terangnya.

Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Melak, Francen  mengatakan, pihaknya berharap agar kegiatan yang dilaksanakan oleh LPMP setiap tahun bertujuan untuk peningkatan mutu sekolah. Menurutnya,  diharapkan agar pada saat pengisian PMP Raport Mutu PMP 2019 itu dapat lebih baik lagi.

“Paling tidak dapat mempertahankan hingga dapat Akreditasi Sekolah yang lebih baik/bagus,” tukasnya,  sembari membuka kegiatan workshop tersebut didampingi Ilyas selaku pengawas dan narasumber.

Sementara itu, Normalenny dan Selni Meka Sari selaku  peserta dari SD 001 Muhammadiyah dan Guru SDN OO2 Melak, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Sekolah Model SDN 003 yang telah melaksanakan kegiatan ini .

“Karena kegiatan ini sangatlah penting untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah secara menyeluruh. Semoga setiap tahun dapat meningkatkan mutu sekolah masing-masing untuk dapat menuju sekolah model yang diharapkan,” ucap Normalenny dan Selni Meka bersamaan. (ran/nk)

Berita Popular

To Top