Sisa Anggaran Pilkada PPU Capai Rp5 Miliar

Salman

Salman : Sisa Anggaran Dilakukan Untuk Penghematan

PENAJAM (NK) – Sisa anggaran Pilkada Bupati – Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2018 mencapai Rp4 miliar hingga Rp5 miliar lebih. Demikian diungkapkan, Sekretaris KPU, Salman kepada newskaltim.com, Kamis (16/8/2018).

Sisa anggaran tersebut berasal dari penghematan yang kami lakukan terhadap anggaran yang berasal dari Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati – Wabup PPU,”ujarnya.

Ia menjelaskan, penyebab dana sisa yang harus dikembalikan ke Kas Negara atau sumber asalnya tersebut, karena terjadi duplikasi anggaran antara Pilbup dan Pilgub, sehingga pihaknya menggunakan sumber satu anggaran sebagai bentuk penghematan.

“Salah satu contoh anggaran yang terduplikasi itu seperti distribusi logistik Pilkada, dalam anggaran Pilbup dan Pilgub termuat jenis anggaran sama, sehingga kami gunakan dari salah satu anggaran saja tidak dua – duannya sehingga harus dikembalikan sisanya,”katanya.

Salman membeberkan, penghematan dilakukan terhadap anggaran Pilkada gubernur yang terpakai sekitar Rp4 miliar dari Rp7,5 miliar dana diterima, sehingga masih tersisa sekitar Rp3 miliar lebih.

“Sedangkan anggaran hibah untuk Pilkada bupati PPU dari dana terpakai sekitar Rp21 miliar lebih dari total NPHD Rp26,4 miliar lebih masih tersisa Rp5 miliar lebih, total mencapai Rp8 miliar berasal dari NPHD dan dana Pilkada gubernur Kaltim,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.