Sukses Laksanakan Haul Akbar, Majelis Assyfa’Ul Qulub Gelar Sidang


TENGGARONG (NK) – Usai sukses menggelar pelaksanaan Haul Syech Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari ke 213 pada senin lalu, perkumpulan Majelis Assyfa’ul Qulub menggelar sidang majelis, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan sidang majelis digelar di Mabes Pasukan Bawah Tanah, sebutan lain dari anggota perkumpulan Majelis Assyfa’ul Qulub. Tepatnya di kediaman Ketua Pimpinan Majelis Al Habib Aulia bin Syahiel bin Yahya, Jalan Gunung Gandek Kelurahan Melayu Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Disela–sela sidang, Habib Aulia kepada newskaltim.com menyampaikan secara singkat awal mula berdirinya majelis yang dinaunginya itu.

“Pada awalnya perkumpulan ini adalah sebuah yayasan sosial aktif yang terdaftar di Pemkab Kukar dan Kementerian Hukum dan Ham, yakni Yayasan Pangeran Noto Igomo untuk mencapai tujuan syiar melalui acara pengajian dan sholawatan maka dibentuklah Majelis yang di namai Assyfa’ul Qulub,” katanya.

Ditambahkan oleh beliau sedikit bocoran ke media ini, terkait rencana dan program majelis, dimana kedepan pihaknya akan rutin melaksanakan kegiatan. “Kedepanya kami akan merutinkan berkumpul bersama tiap malam Selasa, menggelar acara pengajian serta sholawatan di tempat ini. Siapapun warga yang berkenan datang bergabung kami persilahkan. Kami ucapkan sangat berterimakasih sebelumnya, untuk mau bergabung meramaikan aktivitas di mejelis kami,” ujar Habib Aulia.

Selain itu, bebernya, visi misi majelis diantaranya, ingin mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa di sekitar Kota Tenggarong dan Kukar umumnya dan khususnya bagi kaum muda-mudi, mengajak untuk lebih memahamkan pentingnya Bersholawat kepada Baginda Rasul agar terpeliharanya hidup rukun dan damai, agar tercipta rasa saling menghargai dan menyayangi sesama, termasuk menghargai suasana kerkunan antar ummat beragama dan saling menjaga sesama pemeluk agama dalam menjalankan peribadatannya masing-masing.

Kami berkeinginan agar beberapa majelis-majelis makrifat dan sholawat di kota Tenggarong dapat bergabung dengan majelis kami di tempat ini. Mari kita berkumpul bersama tanpa membedakan tua ataupun muda, demi tujuan bersama, melantunkan puji-pujian dan bersholawat bersama kepada Baginda Rasul,” ajaknya.

Habib Aulia mengucapkan, sangat berterimakasih dengan warga Kukar dan sekitarnya yang telah mendukung kesuksesan terlaksananya acara haul yang berlangsung kemarin, dari segi kondusifitas, kelancaran berlangsungnya acara yang bersifat keagamaan.

Kemudian, ungkapnya, yang terpenting dan sangat berkesan melihat langsung animo masyarakat terhadap kegiatan seperti, mengenang dan menghormati para pendahulu tuan-tuan guru yang menyandang gelar Waliyullah salah satunya Syech Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari yang terkenal dengan kesahihannya sebagai tuan guru mursyid dan memiliki banyak murid jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan tersebar di beberpa daerah di Kalimantan bahkan di nusantara ini.

“Kami apresiasif sekali, melihat antusiasme masyarakat yang sudah jauh-jauh datang untuk berkumpul dengan para ulama dan habaib dalam pelaksanaan peringatan Haul Syech Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari ke 213 kemarin. Kami juga menunggu undangan acara-acara semacam ini, di tempat lain dan akan mengupayakan untuk datang meramaikan acara beserta rombongan anggota majelis kami,” pungkas Habib Aulia. (im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.