HEADLINE

Tanamkan Disiplin, Babinsa Latih PBB Siswa Baru SMPN 2 Sebulu


TENGGARONG (NK) – Babinsa Koramil 0906-07/Sebulu memberikan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para siswa – siswi peserta didik baru di SMP Negeri 2 Sebulu, Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (11/7/2019), guna menanamkan kedisiplinan kepada peserta didik tersebut.

Babinsa Koramil 0906-07/Sebulu  Serda Djumaris M, dipercaya memberikan pelatihan PBB kepada siswa baru yang sedang menjalani Masa Orientasi Siswa (MOS).

Kepada newskaltim.com, Djumaris M mengatakan, sebagaimana semboyan yang dipegang teguh TNI yaitu “Disiplin adalah nafasku”. Oleh karena itu, disiplin adalah modal utama dalam melakukan setiap hal, baik dalam pekerjaan maupun melakukan ibadah.

Diterangkannya, pelatihan PBB tersebut, juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan, rasa tanggung jawab dan dapat meningkatkan kedisiplinan yang tinggi.

Latihan PBB ini, bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi tiap siswa dan siswi tentang solidaritas sesama tim,”katanya.

Djumaris menuturkan, pelatihan PBB ini diawali dengan memberikan teori kepada siswa-siswi, kemudian dilanjutkan dengan materi praktek, agar tertanam betul dibenak setiap peserta pelatihan tentang kedisiplinan.

“Ini adalah merupakan dasar dalam membentuk sikap mental dan karakter yang baik,”tegasnya.

Ia menambahkan, dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh siswa-siswi baru.

“Selanjutnya, kami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,”tukasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sebulu,  Nuriyono, mengatakan, kehadiran Babinsa dalam memberikan pelatihan PBB merupakan permintaan langsung dari pihaknya.

Maksud dan tujuannya, kata dia, adalah agar siswa-siswi baru ini memiliki kedisiplinan yang tinggi sehingga terbentuk sikap dan karakter yang baik. Siswa-siswi baru ini terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa.

“Peserta latihan saya liat cukup antusias, saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh pak Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat senang dan bersemangat mengikuti gerakan yang dilatihkan,”pungkasnya. (im/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top