Yamaha Tertinggal 112 Poin, Pastikan Honda Menjadi Pemenang MotoGP 2016

SPORT(NK)-Klasemen MotoGP 2016 nampaknya telah cukup jelas, dimana, gelar kampiun MotoGP musim ini sukses dipegang oleh Marc Marquez usai menguncinya di GP Motegi beberapa waktu lalu. Kondisi itu juga sekaligus mengandaskan perjuangan raider gaek, Valentino Rossi yang saat berambisi guna dapat menjawarai gelaran MotoGP musim ini. Akan tetapi sayangnya, ia musti senang dengan sekedar finish diurutan ke-2 dalam klassemen akhir MotoGP musim ini, dan disusul oleh rekan satu timnya, Jorge Lorenzo di posisi ke-3. Akan tetapi khusus untuk Lorenzo, posisi ke-3nya itu dinilai masih belumlah aman, berkat riskan tergusur oleh Vinales yang saat ini mempunyai selisih 17 poin saja.

Meskipun tinggal tersisa satu seri lagi, yakni di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia 13 November nanti. Kelihatannya posisi raider tak akan berpengaruh besar dalam klasemen akhir MotoGP musim ini. Terutama dipapan atas klasemen yang kemungkinan besar akan dikunci oleh ke-3nya. Meskipun saat, pertarungan sengit di yakinkan bakal tetaplah memberi warna GP Valencia nantinya. Meskipun secara posisi di klasemen, bikin ke-3 raider teratas, hal tersebut kemungkinan tidak akan mengubahnya.

Hal tersebut dikarenakan pada seri akhir di Valencia nanti, selisih poin diantara ke-3 raider teratas tersebut tidak akan terkejar satu sama lainnya. Sekalipun salah satunya terjatuh atau’pun tidak ikut balapan di Seri pamungkas, Valencia nanti. Lain halnya dengan peraingan dizona tengah klasemen yang nampaknya masih sangat sengit hingga akhir seri muim ini. Sehingga, hal tersebut bakal mereka manfaatkan dengan sebaik mungkin pada gelaran pamungkas GP Valencia nanti.

 

images

 

Raihan 278 poinnya Marc Marquez saat ini tidak bakalan sanggup disalip oleh Vale yang saat ini hanya mengoleksi 236 poin saja. Lantaran, sekalipun Vale sukses menjawarai GP Valencia nanti dan Marc gagal finish. Tambahan 25 poin Vale tersebut dinilai masih jauh dari kata cukup guna menjungkalkan Marc dari puncak sekaligus jawara MotoGP musim ini. Lantaran selisih poin keduanya saat ini terpisakan 42 poin.

Hal serupa juga berlaku bagi Jorge yang harus puas dengan hanya finish diposisi ke-3 dalam klasemen akhir MotoGP musim ini. Lantaran, rentang poin Jorge dan Vale saat ini terpaut 28 poin, sehingga tambahan 25 poin Jorge di Valencia nanti’pun belumlah cukup guna dapat menggusur Vale dari posisi runner-up. Sehingga, untuk dapat memantakan posisi ke-3nya tersebut, Jorge musti bisa finish didepan Vinales. Lantaran peluang raider Suzuki tersebut masih cukup terbuka guna menyalip Jorge diurutan ke-3.

Klasemen MotoGP 2016 Valencia

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 278
2 Valentino ROSSI Yamaha ITA 236
3 Jorge LORENZO Yamaha SPA 208
4 Maverick VIÑALES Suzuki SPA 191
5 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 162
6 Dani PEDROSA Honda SPA 155
7 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 141
8 Pol ESPARGARO Yamaha SPA 124
9 Hector BARBERA Ducati SPA 97
10 Andrea IANNONE Ducati ITA 96
11 Aleix ESPARGARO Suzuki SPA 85
12 Eugene LAVERTY Ducati IRL 77
13 Alvaro BAUTISTA Aprilia SPA 76
14 Scott REDDING Ducati GBR 72
15 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 71

(Sumber : szaktudas/mede/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.