Yusran  : Jalan Pantai Lango – Riko Segera Terbangun

Bupati PPU, H Yusran Aspar didampingi Kadishub, Ady Irawan, Kabag Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang dan staf ketika meninjau pembangunan akses jalan menunju KIB

PENAJAM (NK) – Bupati Penajam Paser Utara, (PPU)  Kalimantan Timur, Yusran Aspar mengatakan, akses jalan di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam Kabupaten PPU dipastikan segera terbangun.

Pembangunan jalan Pantai Lango dan Riko itu sebagai jalan pendekat ke jembatan Pulau Balang,” kata Yusran Aspar saat melakukan kunjungan kerja meninjau proyek pembangunan Jembatan Pulau Balang, Rabu (28/02/2018).

Bupati menegaskan, jalan Pantai Lango-Riko tersebut menjadi skala prioritas program pembangunan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara 2018. Pembangunan jalan Pantai Lango-Riko itu ditargetkan rampung sebelum masa jabatannya sebagai bupati berakhir.

Jalan tanah di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Riko selama ini sering dikeluhkan masyarakat sebab sulit untuk dilalui. Proyek pembangunan jalan di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam, tersebut dipastikan Yusran Aspar, telah memasuki tahap lelang.

“Saya targetkan sebelum masa jabatan saya sebagai bupati berakhir pada Juli 2018, jalan pendekat ke jembatan Pulau Balang itu sudah bisa digunakan masyarakat,” ujarnya.

Rencananya panjang jalan yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu mencapai 24 kilometer dengan lebar 16 meter.

Sementara itu, lanjutnya, pembangunan akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang tersebut untuk menunjang pembangunan bentang panjang jembatan yang saat ini hanya menyisakan 50 persen dari target. Dimana bentang panjang jembatan Pulau Balang sepanjang 804 meter tersebut ditergetkan rampung November 2019.

“Anggaran pembangunan akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang itu bersumber dari dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur sekitar Rp150 miliar. Dengan dibangunnya akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang tersebut maka pembangunan jalan kabupaten sudah cukup maksimal. Jalan masyarakat yang dibuka oleh Unit Pelaksana Tugas Pekerjaan umum atau UPT-PU kecamatan sejak 2013 mencapai 314 kilometer, meliputi Kecamatan Penajam 88 Kilometer, 63 kilometer di Kecamatan Waru, Kecamatan Babulu 68 kilometer, serta 93 kilometer di Kecamatan Sepaku,”pungkasnya.(ervan/red/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.